Hari Ketiga Penggalian, Batu Bata Kuno di Proyek Tol Malang Ditemukan

Editor: Narendra Bakrie / Reporter: Avirista Midaada

Tim Arkeolog terus melakukan penggalian temuan bangunan kuno di proyek Jalan Tol Malang-Pandaan

jatimnow.com - Tim Arkeolog dari Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) menemukan struktur bangunan dari batu bata kuno di lokasi penggalian temuan bangunan kuno di Proyek Jalan Tol Malang-Pandaan.

Arkeolog dari BPCB, Wicaksono Dwi Nugroho mengatakan, struktur batu bata kuno itu tampak di hari ketiga penggalian pada Kamis (14/3/2019). Struktur bangunan itu berupa 4 lapis batu bata yang ditemukan dua meter dari lokasi penemuan pertama di hari pertama ekskavasi.

"Jadi 4 lapis bata dengan kedalaman dari permukaan tanah sekitar 30 cm bangunannya. Tadi digali lapisan atas tanah menggunakan buldozer dan alat berat lainnya," terang Wicaksono.

Struktur bangunan itu ditemukan setelah penggalian dengan alat berat dan manual menggunakan cangkul dan cetok dilakukan.

"Dari struktur bata ketinggiannya 40 cm, batanya lebih besar dari bangunan di masa Trowulan. Disusun dengan teknik batu gosok," pungkasnya.

Namun, Wicaksono masih belum berani memastikan peninggalan apakah dari struktur batu bata yang ditemukan tersebut.

"Saya belum berani memastikan ini apa. Belum bisa menggambarkan ini bangunan apa, karena baru ini struktur bata lagi," tutupnya.

Bangunan kuno itu pertama kali ditemukan di proyek Tol Malang-Pandaan Sektor 5, KM 37 tepatnya di Dusun Sekaran, Desa Sekarpuro, Kecamatan Pakis, Kabupaten Malang.


jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter