Pemkab Ponorogo Rancang Desa Wisata Hingga Produk Unggulan

Editor: Narendra Bakrie / Reporter: Advertorial

Bupati Ipong Muchlissoni saat memberikan sambutan dalam Musrenbang 2019 Pemkab Ponorogo

jatimnow.com - Dalam rangka menyusun Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Ponorogo tahun 2020, Pemkab Ponorogo menggelar Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Kabupaten 2019.

Musrenbang dengan tema "Penguatan Ekonomi Berbasis Potensi Daerah dan Produk Unggulan" itu digelar di Gedung Sasana Praja, Ponorogo, Selasa (19/3/2019). Selain Bupati Ipong Muchlissoni beserta wakilnya, Musrenbang juga dihadiri Ketua DPRD Ponorogo, Forpimda, Bappeda Provinsi Jatim yang diwakili Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Kades, LSM.

Bupati Ipong dalam sambutannya menekankan peningkatan pelayanan dasar kepada masyarakat pada tahun 2020. Selain itu, produk-produk UKM ke tingkat nasional juga perlu ditingkatkan.

Menurutnya, sejumlah program sudah disiapkan untuk mewujudkan hal tersebut yaitu program one produk one village, program penguatan desa wisata, program BUMDes serta program pemberian pupuk kepada petani.

"Dari program tersebut bisa menyejahterakan masyarakat dan terus mendorong melalui program-program tersebut untuk mengurangi angka kemiskinan," tambahnya.

Selain itu Bupati Ipong menginginkan program peningkatan pertanian akan mendorong terciptanya prestasi produktivitas penghasil pertanian organik di Jawa Timur, bahkan nasional.

Tidak hanya itu, Bupati Ipong juga berharap ada peningkatan akses dan kualitas pendidikan serta kesehatan, peningkatan infrastruktur perumahan dan penataan kawasan serta pembinaan bidang religius.

"Anggaran pendidikan dan kesehatan juga akan kami tambah untuk menjamin kualitas layanan dan SDM," bebernya.

Prioritas pembangunan itu, lanjut Bupati Ipong, sejalan dengan suksesnya pembangunan yang sudah dikerjakan selama 3 tahun terakhir. Yaitu turunnya angka kemiskinan yang turun menjadi 90.020.000 jiwa di tahun 2018 dari sebelumnya 90.030.000 jiwa di tahun 2017.

Untuk tingkat pengangguran juga tercatat hanya 19.553 jiwa, nilai tukar petani naik 109,62 persen; peningkatan kondisi infrastruktur naik 79,63 persen di tahun 2018 dan pertumbuhan ekonomi hingga 5,10 persen di tahun 2017.

"Jadi apa yang sudah di capai tiga tahun ini, dimaksimalkan kembali di tahun 2020 dan OPD harus memaksimalkan itu," tegasnya.

"Mimpi saya di Ponorogo di tahun 2020 nanti, lahir desa wisata yang dapat membawa Ponorogo terkenal baik di tingkat nasional maupun international," pungkasnya.

 


jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter