jatimnow.com
PKK Ponorogo Adu Kreasi Olahan Makanan Non Beras

Lomba Kreasi dan Inovasi Jajanan Berbasis Pangan Lokal Non Beras dan Terigu

jatimnow.com - Ibu-ibu PKK dari 23 kecamatan di Kabupaten Ponorogo ditantang untuk dapat mengolah menu kreasi makanan dari bahan non beras, Rabu (20/3/2019). Lomba tersebut merupakan kerjasama dari PKK dan Dinas Ketahanan Pangan Ponorogo.

Para peserta diminta menyajikan bahan setengah matang yang sudah diolah menjadi hidangan yang menarik dan dipamerkan di Hall Ponorogo City Center (PCC). Terlihat berbagai menu non beras seperti kue kering dari tiwul, nasi bakar dari tiwul dan lain-lain.

Ketua Penggerak PKK Kabupaten Ponorogo, Sri Wahyuni Ipong Muchlissoni mengatakan acara ini sebagai salah satu cara meningkatkan kreativitas ibu-ibu.

Hotel Sahid Surabaya 2222 Best Wedding Dates

"Jaman sekarang, emak-emak harus lebih kreatif. Jangan hanya mengolah makanan dari beras saja. Karena banyak karbohidrat dari berbagai sumber," jelas Bu Ipong.

Ia mencontohkan makanan yang berasal dari beras dapat diganti dengan karbohidrat lain seperti jagung, ketela, ubi.

"Itu beberapa contoh alternatif," tegas ibu dari 3 orang anak ini.

Termasuk dalam mengolah makanan non terigu. Diharapkan sebisa mungkin, dapat menghindari beras dan terigu. Di dalam lomba ini, makanan yang tersaji harus bergizi, beragam, seimbang dan aman.

"Bergizi memenuhi gizi, berimbang itu nabati, vitamin dan mineral seimbang dan beragam harus bervariasi," jelas istri orang nomor 1 di Ponorogo ini.

Selain itu makanan yang diolah harus aman dari bahan kimia dan pengawet. Terutama jika dikonsumsi untuk anak-anak.

Ia berharap, kedepannya pengusaha rumah makan, katering bisa mengadopsi menu dari lomba kreasi. Karena tentunya sehat dan bergizi.

"Harapannya kegiatan ini mengadopsi penampilan yang sudah bagus. Katering lebih kreatif," pungkasnya.

Loading...

 

Berita Terkait