Tebing Longsor, Akses Jalan Malang-Lumajang Terputus

Editor: Arif Ardianto / Reporter: Avirista Midaada

Pembersihan jalan dari longsoran tanah di jalur Malang-Lumajang

jatimnow.com - Akses jalan yang menghubungkan Malang-Lumajang kembali terputus setelah tanah longsor menerjang KM 57, tepatnya di Desa Sumberwuluh, Kecamatan Candipuro, Kabupaten Lumajang, sejak Kamis (21/3/2019) dini hari.

Kepala Bidang (Kabid) Penanggulangan dan Logistik BPBD Kabupaten Lumajang, Wawan Hadi mengatakan, hujan yang terus menerus mengguyur lokasi dalam rentang waktu 3 hari membuat tanah di sekitar lokasi menjadi tidak stabil.

"Longsoran terjadi di Desa Sumberwuluh KM 57 Jalur Malang-Lumajang dengan tinggi bukit di sisi jalan raya mencapai 5 meter, panjang 15 meter, lebar 6 meter," jelasnya.

Longsoran tanah itu menurut Wawan, menutupi seluruh badan dan membuat arus lalu lintas Malang-Lumajang melalui Dampit terputus total.

"Kami semalam pukul 01.00 Wib, menerima laporan dari warga bahwa longsor terjadi dan menutup akses jalan Lumajang – Dampit, Malang. Sejak pukul 01.30 Wib sudah kita lakukan tindakan," ujar Wawan melalui siaran tertulis yang diterima jatimnow.com.

Ia menambahkan, hingga saat ini proses pembersihan material longsoran tengah dilakukan petugas di lapangan. Petugas mengerahkan alat berat untuk mengevakuasi material longsoran tanah dan batu dari badan jalan.

"Informasi lain masih menunggu perkembangan di lokasi," pungkasnya.

Beruntung dalam peristiwa ini tak ada korban jiwa atau luka mengingat saat longsor terjadi, jalan dalam kondisi sepi tak ada pengendara yang melintas.


jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter