Mahasiswa di Surabaya ini Ciptakan Mainan Rumah Adat 3 Dimensi

Editor: Arif Ardianto / Reporter: Farizal Tito

miniatur rumah hasil karya mahasiswa di Surabaya

jatimnow.com - Mahasiswa Fakultas Industri Kreatif Universitas Surabaya (FIK Ubaya) ini punya cara unik dalam menuangkan kecintaanya pada Indonesia. Sebuah karya yang bertemakan kebudayaan Indonesia diciptakan.

Brian Kurniawan Jaya menciptakan permainan bongkar pasang berbentuk miniatur rumah-rumah adat di Indonesia sebagai tugas akhir di kampusnya.

Mainan bongkar pasang yang yang dibuat Brian itu berbentuk miniatur rumah adat seperti rumah adat Sumatera Barat, Bali, dan Sulawesi Selatan (Toraja).

Calon wisudawan tahun 2018-2019 ini mengatakan, tujuannya menciptakan permainan berbentuk 3 dimensi (3D) itu merupakan salah satu alternatif cara untuk mengajak kaum milenial turut mencintai kearifan budaya Indonesia.



"Permainan ini bisa melatih kreativitas dan kesabaran serta menanamkan kecintaan Indonesia. Saya melihat ada peluang bisnis yang bisa menarik minat kolektor. Selain menjadi hiasan meja di rumah, NEKA bisa dimainkan dengan cara bongkar pasang," ungkap Brian menjelaskan karya tugas akhirnya (TA) di Ubaya Student Center (USC) Kampus Ubaya Tenggilis, Jalan Raya Kali Rungkut, Surabaya. Kamis (21/3/2019).

Permainan berwujud 3 Dimensi (3D) itu sengaja diberi nama Neka yang merupakan sebuah kata yang berasal dari bahasa Sanskerta dan Bhineka Tunggal Ika yang berarti berbagai macam tetapi tetap satu.

"Saya ingin membuat mainan yang bisa menjadi oleh-oleh wisatawan domestik maupun mancanegara ketika berlibur ke provinsi–provinsi di Indonesia," kata Brian.

Karya Brian ini mendapat apresiasi dari dosen pembimbing tugas akhir sebagai bentuk pelestarian budaya Indonesia dengan mereplikasi rumah adat dengan skala yang lebih kecil.


jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter