Diduga Rusak APK Dua Caleg, Ketua PDIP Siliragung Banyuwangi Disidang

Editor: Narendra Bakrie / Reporter: Hafiluddin Ahmad

Sidang kasus dugaan perusakan APK caleg di PN Banyuwangi

jatimnow.com - Ketua PDIP Kecamatan Siliragung, Kabupaten Banyuwangi terdakwa kasus perusakan alat peraga kampanye (APK) milik Caleg DPRD Kabupaten dari PKB Kojin dan Caleg DPR RI dari PDIP Banyu Biru Djarot, menjalani sidang di Pengadilan Negeri (PN) setempat, Jumat (22/3/2019).

Ketua PDIP Siliragung itu adalah Darmawan. Dia diseret ke pengadilan atas laporan dari dua caleg itu. Dalam sidang, Darmawan didakwa dengan Pasal 521 juncto Pasal 280 ayat 1 huruf g Undang-undang RI Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum (Pemilu).

Sidang ini merupakan sidang kedua yang dijalani Darmawan. Sidang yang digelar di Ruang Garuda PN Banyuwangi itu di pimpin Ketua Majelis Hakim Saptono dengan agenda pemeriksaan saksi dari Jaksa Penuntut Umum (JPU).

Salah satu saksi, Tiwayah mengatakan, dua APK yang dirusak tersebut berada tidak jauh dari rumahnya yaitu di Dusun Krajan, Desa Barurejo, Kecamatan Siliragung atau Daerah Pemilihan (Dapil) 4 Banyuwangi.

APK milik Kojin itu berjarak sekitar 50 meter dari rumahnya. Sedangkan APK milik Banyu Biru berjarak sekitar 5 meter, juga dari rumahnya.

"Yang ngerusak Dik Darmawan. Saya lihat sendiri, sekitar jam 01.00 Wib malam, pas saya lihat Angling Darma," kata Tiwayah di persidangan.

Namun oleh terdakwa, pernyataan Tiwayah tersebut dibantah. Sebab ketika kejadian Rabu (6/2/2019) sekitar pukul 01.00 Wib itu, Darmawan mengaku berada di rumah temannya, Ali Sutejo di Kecamatan Bangorejo.

"Saya ini Ketua PAC Siliragung. Masak saya ngerusak partai sendiri. Di jam itu, tanggal itu, saya di rumah teman saya sejak pukul 10.00 Wib sampai jam 2 malam," ujar Darmawan.

Menanggapi hal itu, Penasehat Hukum Terdakwa, Eko Sutrisno menyatakan bakal menghadirkan saksi-saksi yang menguatkan bahwa pada saat kejadian itu, kliennya tidak ada di lokasi terpasangnya APK tersebut.

"Nanti akan kita hadirkan saksi-saksi yang menguatkan. Saat ini masih keterangan saksi dari JPU," katanya.

Sidang lanjutan kasus dugaan perusakan APK itu direncanakan digelar pada Senin (25/3/2019) pukul 08.30 Wib di PN Banyuwangi.

jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter