Serunya Warga Mojokerto Berebut Ikan dalam Tradisi Bedah Sumber

Editor: Sandhi Nurhartanto / Reporter: Achmad Supriyadi

Kegiatan berebut ikan di Telaga Sumber Wuluh

jatimnow.com - Ribuan warga Desa Wonosari, Kecamatan Ngoro, Kabupaten Mojokerto, mengikuti Tradisi Bedah Sumber. Mereka beramai-ramai menangkap ikan di Telaga Sumber Wuluh untuk merayakan panen padi yang melimpah, Minggu (24/3/2019).

Telaga yang berada di Dusun Sidorejo ini dipenuhi warga baik laki-laki maupun perempuan. Warga bersiap di tepian danau dengan menenteng karung plastik sebagai wadah ikan hasil tangkapan.

Anak-anak juga tidak mau ketinggalan dan ikut menangkap ikan. Raut ceria nampak jelas di wajah mereka setelah menceburkan diri ke telaga seluas 8000 meter ini.

Uniknya, panitia dalam kegiatan ini mensyaratkan warga yang menangkap ikan harus menggunakan tangan kosong dan mengandalkan kepiawaian masing-masing dan tidak memperbolehkan memakai jaring. 

Kegiatan berebut ikan di Telaga Sumber Wuluh ini diadakan setiap tahun dan akan dijadikan agenda pariwisata Kabupaten Mojokerto dengan mengikutkan wisatawan lokal maupun mancanegara.

"Kegiatan ini merayakan panen hasil bumi yang melimpah yang di dapat warga Desa Wonosari dan juga merupakan wujud rasa syukur warga terhadap Tuhan Yang Maha Esa karena diberikan hasil panen yang berlimpah," kata Ketua Panitia, Bunowo.

Sumarti, salah seorang warga yang ikut kegiatan tersebut mengatakan dirinya sangat sulit untuk dapat menangkap ikan.

"Susah berebut karena ribuan warga ikut serta apa lagi banyak yang memakai jaring," kata Sumarti.

 

 


jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter