Apa Kabar Proses Penjaringan Calon Wakil Wali Kota Blitar?

Editor: Narendra Bakrie / Reporter: CF Glorian

Kader PDIP, Sugeng Praptono menjadi salah satu Calon Wakil Wali Kota Blitar

jatimnow.com - Seleksi untuk menentukan Calon Wakil Wali Kota (Cawawali) yang dilakukan DPC PDIP Kota Blitar terus dilakukan. Meski sebelumnya proses penjaringan sudah mendapatkan empat nama calon yang akan diseleksi oleh DPP PDIP, tapi proses itu masih belum berjalan.

Salah satu peserta penjaringan yang juga kader PDIP, Sugeng Praptono menyebut, proses penjaringan itu merupakan dagelan. Ia menyebut bahwa DPC PDI Kota Blitar tidak kunjung menyerahkan berkas yang dikumpulkan oleh empat peserta itu.

"Makanya saya juga bingung. Kok sampai sekarang hasil penjaringan belum dikirim ke DPD. Berarti penjaringan Cawawali kemarin itu hanya dagelan saja," kata Sugeng, Senin (25/03/2019).

Sebagai Wakil Kepala Bidang Kaderisasi DPC PDI Kota Blitar, Sugeng pernah meminta agar PDIP tidak tergesa-gesa dalam menjaring pendamping plt Wali Kota Santoso yang akan segera naik menjadi Wali Kota Blitar Definitif. Ia juga meminta agar DPC menunggu inkrah dari Pengadilan Tipikor di Surabaya.

"aya pernah sampaikan di forum rapat, tapi DPC tetep melakuka. Sekarang prosesnya malah mandek di DPC," ungkap Sugeng.

Sementara itu, Ketua DPC PDIP Kota Blitar, Said Novandi menjelaskan, upaya penjaringan yang dilakukan partainya itu hanya untuk berjaga-jaga sembari menunggu hasil inkrah dari pengadilan atas kasus Wali Kota Blitar nonaktif, Samanhudi Anwar.

"Kami hanya berjaga-jaga. Kami tetap menunggu prosesnya inkrah dulu," tegas Said.

Said juga mengakui kalau berkas penjaringan Cawawali yang diikuti empat nama itu masih berada di DPC. Dan hasil penjaringan itu, sudah dikonfirmasi DPC melalui WhatsApp.

"Hasil penjaringan secara fisik belum kami serahkan ke DPD. Tapi untuk pemberitahuan sudah kami sampaikan lewat WhatsApp," pungkasnya.

DPC PDIP Kota Blitar menjaring Cawawali untuk mendampingi Santoso yang berakhir pada 28 Februari 2019 lalu.

Tercatat ada dr. Syahrul Alim yang kemudian mendaftar, sehingga total ada empat nama yang ikut penjaringan ini termasuk Sugeng Praptono, Sukardji, dan Sutanto Genik.

Penjaringan ini dilakukan untuk menyiapkan pendamping Santoso yang akan diangkat menjadi Wali Kota Blitar definif menggantikan Samanhudi Anwar yang saat ini tengah menjalani proses persidangan di Pengadilan Tipikor Surabaya.

jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter