Jatim Memilih

Panwaslu Blitar Tertibkan APK Liar Pasangan Cagub-Cawagub Jatim

Editor: Arif Ardianto / Reporter: CF Glorian

Apk salah satu pasangan calon Pilgub Jatim.

jatimnow.com - Panwaslu Kota Blitar, Kamis (05/04/2018) siang menertibkan Alat Peraga Kampanye (APK) pasangan Calon (Paslon) Gubernur dan Wakil Gubernur Jatim.

APK yang dinyatakan ilegal tersebut, terpasang di 47 titik yang ada di tiga kecamatan di Kota Blitar.

Penertiban itu dilakukan oleh Panwaslu bersama dengan Satpol PP Kota Blitar. APK yang ditertibkan rata-rata berupa baliho bergambar Paslon.

"Ini adalah penertipan APK yang dipasang secara ilegal. Ilegal ini maksudnya baik pemasang, desain, serta ukuranya tak sesuai dengan regulasi," kata Divisi Penindakan Panwaslu Kota Blitar Bambang Arintoko Kamis (05/04/2018).

Penertiban APK oleh Panwaslu dilakukan berdasarkan laporan dari anggota Panwascam.

APK liar itu disebut tak sesuai dengan PKPU nomor 4 tahun 2017 maupun tak memiliki ijin yang dikeluarkan oleh Pemkot Blitar.

Meski ditertibkan, namun ada sejumlah APK dua Paslon yang hanya diturunkan salah satu saja. Peristiwa itu terjadi di Jalan Bakung Kelurahan / Kecamatan Sukorejo.

Selain itu, ada juga satu APK yang ada di Jalan Asahan di Kelurahan Tanjungsari yang dipasang didepan sekolah Paud juga tidak diturunkan oleh Panwaslu.

"Itu karena kita masih akan konfirmasi ke timsesnya dulu. Karena sampai sekarang kita masih belum terima laporan dari Panwascam. Nanti akan kita teliti dulu. Kalau memang ilegal ya kita akan turunkan juga," terang dia.

Ia menambahkan, penertiban APK akan terus dilakukan setidaknya dua Minggu sekali, sembari menunggu hasil pelaporan dari Panwascam.

"Sesuai aturan, timses diperbolehkan memasang APK dengan jumlah 150 persen dari yang disediakan KPU. Makanya kita akan terus lakukan biar ydan nggak ada ijinnya bisa kita tertibkan," imbuhnya.

Reporter: CF Glorian
Editor: Arif Ardianto

Tinggalkan Komentar

jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter