Bioskop Rakyat, Cara Anak Muda di Banyuwangi Pacu Perfilman Lokal

Editor: Arif Ardianto / Reporter: Irul Hamdani

Pamflet bioskop rakyat di Banyuwangi

jatimnow.com - Komunitas penggiat film di Banyuwangi menggelar acara bioskop rakyat yang memutar film karya Lare Osing (Laros), Minggu (31/3/2019). Aacara ini diharap menjadi stimulan anak muda Banyuwangi untuk berkarya.

"Kegiatan ini sebenarnya untuk memberikan stimulus kepada anak muda Banyuwangi untuk berkarya di ranah audio visual," kata Ilhamadrawi, penggiat Sanggar Cinema, kepada jatimnow.com, Sabtu, (30/3/2019).

Nonton bareng (nobar) film itu akan dipusatkan di rumah salah satu maestro Gandrung Banyuwangi, Mbok Temu, di Desa Kemiren, Kecamatan Glagah.

Film-film yang akan diputar adalah film karya para Laros. Yang diantaranya pernah menjadi juara festival film ditingkat nasional.

"Seperti filmnya mas Buyung yang berjudul Kesusu, yang masuk juara 2 di skala nasional policemovie 2017 dan juga masih banyak lagi," lanjut pemuda yang populer dipanggil Samer, ini.

Samer menambahkan, dalam bioskop rakyat tersebut juga akan diwarnai peluncuran film besutan Sanggar Cinema yang berjudul 'Sari'. Sebuah film bergenre fiksi yang salah satu aktris utamanya adalah Mbok Temu, maestro Gandrung Banyuwangi.

"Saya sebagai sutradaranya dalam film berjudul Sari ini," ungkapnya.

Kegiatan itu, menurut Samer, selain untuk memperingati hari film nasional. Juga sebagai kampanye untuk merangsang penggiat film yang asli Banyuwangi dan sedang merantau bisa lebih bersemangat untuk berkarya.

"Kami selalu membawakan film-film mereka di tanah kelahirannya sebagai apresiasi dari karya-karyanya," tutupnya.


jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter