Gojek Luncurkan Ambulans dan Latih Mitra Driver Tangani Kecelakaan

Editor: Narendra Bakrie / Reporter: Jajeli Rois

VP Central Region Gojek, Delly Nugraha (kanan) saat peluncuran ambulans dan pelatihan P3K bagi mitra driver di Surabaya

jatimnow.com - Gojek melakukan edukasi kepada komunitas driver untuk melakukan langkah yang tepat dalam melakukan pertolongan pertama pada kecelakaan (P3K). Selain itu, Gojek juga menyiapkan satu unit mobil ambulans.

Dalam peluncuran ambulans dan edukasi itu, penyedia layanan ride-hailing pertama dan terbesar di Indonesia ini menggandeng berbagai lembaga seperti Rumah Sakit Katolik RKZ Surabaya, mitra driver dari komunitas Unit Reaksi Cepat (URC) dan Aksi Cepat Tanggap.

"Dengan menggandeng berbagai institusi, Gojek semakin memberdayakan mitra pengemudi melalui pelatihan P3K yang bermanfaat bukan hanya untuk keseharian mereka, tapi juga untuk masyarakat pada umumnya," ujar VP Central Region Gojek, Delly Nugraha di salah satu rumah makan di Surabaya, Selasa (2/4/2019).

Pelatihan P3K Gojek di Surabaya terbagai dua bagian dan diadakan melalui wadah Bengkel Belajar Mitra (BBM) yang bertujuan menaikkan kelas mitra Gojek. Untuk pelatihan P3K tingkat dasar digelar di RKZ Surabaya.

"Komunitas URC selama ini telah berinisiatif menolong pengguna jalan yang membutuhkan dan kami mengapresiasi hal tersebut," tutur Delly sambil menambahkan, untuk sementara ini yang mendapatkan pelatihan P3K adalah dari komunitas URC.

"Kami juga berkomitmen untuk semakin memberdayakan mereka melalui pelatihan P3K yang diberikan oleh pihak-pihak yang berkompeten," sambungnya.

Selain mengadakan pelatihan P3K, Gojek juga meluncurkan satu unit mobil ambulans yang dilengkapi alat penunjang P3K dan didukung tenaga medis yang siap melayani 24 jam untuk membantu komunitas URC.

"Konsepnya untuk membantu komunitas URC menangani luka ringan dan sedang di tempat kejadian kecelakaan atau sebagai upaya memaksimalkan pertolongan pertama saat keadaan darurat di jalan raya," jelasnya.

Mobil ambulans itu, lanjut Delly, nantinya tidak hanya aktif saat keadaan darurat. Namun akan mengunjungi basecamp-basecamp mitra driver di Surabaya untuk melakukan pemeriksaan kesehatan, agar para mitra driver bisa optimal dalam mencari nafkah untuk keluarga.

Selain di Surabaya, pelatihan P3K dan peluncuran mobil ambulans juga sudah dilakukan di Kota Bandung. Katanya, secara bertahap akan dilakukan di kota-kota lainnya di Indonesia.

"Inisiatif ini merupakan wujud nyata dari komitmen Gojek memberikan layanan transportasi yang aman dan nyaman," ungkapnya.

Sementara itu, perwakilan dari RKZ dr Agung Kurniawan Saputra MARS mengatakan, kegiatan pembekalan ilmu dasar P3K untuk mitra driver ini menarik, karena mitra driver sering menghabiskan waktunya di jalan dapat memahami sisi praktis P3K.

"Harapan kami, semakin banyak mitra driver Gojek yang teredukasi sehingga dapat menolong sesama pengguna jalan bila terjadi kecelakaan," terang dr Agung.

Loading...

jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter