Pixel Code jatimnow.com

Mudik Pakai Motor Curian, Pemuda ini Malah 'Tersesat' ke Penjara

Editor : Narendra Bakrie Reporter : CF Glorian
Ilustrasi/jatimnow.com
Ilustrasi/jatimnow.com

jatimnow.com - Keinginan Saeful Lukman untuk mudik ke kampung halamannya di Kalimantan Timur harus tertunda sementara waktu. Betapa tidak, disaat bersiap pulang, pemuda 19 tahun ini justru digelandang polisi di Blitar dan dipenjara. Lho kok bisa?

Ya, Saeful ditangkap polisi karena terlibat pencurian kendaraan bermotor. Dia terbukti mencuri motor Suzuki Smash milik Muh. Farhan Kharindra, warga asal Lampung Timur, pekerja pabrik olahan susu kedelai di wilayah Jeblog, Talun, Kabupaten Blitar pada Selasa (2/4/2019) lalu.

Hilangnya motor korban kemudian dilaporkan ke Polsek Talun yang langsung melacak keberadaan Saeful. Dasar memang Saeful yang belum banyak punya kenalan di Blitar, sehingga ia kesulitan menjual motor hasil curiannya tersebut.

"Pelaku ditangkap Unit Reskrim Polsek Talun saat akan menjual motor curian itu," terang Kasubbag Humas Polres Blitar, Iptu Muhammad Burhanudin, Jumat (5/4/2019).

Baca juga:
Maling Motor Bertato Bunga-bunga Diringkus Polisi, Kerap Beraksi di Bubutan

Penangkapan terhadap Saefaul dilakukan sehari setelah kejadian, yaitu Rabu (3/4/2019). Saeful yang ditangkap hanya bisa pasrah dan mengakui perbuatannya.

"Pelaku mengaku kehabisan uang untuk bekal mudik ke daerah asalnya. Sebab di Blitar, dia menjadi pengangguran," beber Burhanudin.

Baca juga:
Gak Ada Akhlak! Pencuri ini Gondol Motor Jamaah Masjid di Kota Batu

Atas ulahnya, Saeful terancam hukuman 7 tahun penjara atas jeratan Pasal 363 KUHP tentang pencurian dengan pemberatan.