Gandeng Perguruan Tinggi, Gubernur Khofifah Tekan Stunting di Jatim

Editor: Arif Ardianto / Reporter: Farizal Tito

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa

jatimnow.com - Pemerintah Provinsi Jawa Timur akan menggandeng Perguruan Tinggi se Jatim untuk melakukan langkah preventif mensosialisasikan pentingnya edukasi gizi bagi masyarakat.

Langkah tersebut dilakukan Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa sebagai pendongkrak usia harapan hidup, agar terhindar dari stunting bagi warga Jatim.

Sebab, menurutnya Jatim masih tergolong paling rendah di Pulau Jawa terkait usia harapan hidup setelah Jawa Barat, dan Jawa Tengah tercatat paling tinggi.

"Apa yang menjadikan rata-rata usia harapan hidup belum seperti yang kita harapkan, antara lain karena beberapa daerah itu gizinya kurang baik. Apakah mereka miskin ternyata nggak juga," katanya, Jumat (5/4/2019).

Khofifah menjelaskan, ketika tim Badan Pusat Statistik (BPS) turun dan mendata kondisi di masyarakat, bahkan sampai tinggal sementara di rumah warga, didapatkan jika rata rata mereka kurang mendapatkan informasi tentang makanan bergizi.

"Jadi ini makanan yang sehat, ini makanan bergizi, itu rupannya harus disosialisasikan kembali. Siapa yang punya tugas itu? Ya semua kita tentunya," paparnya.

Tetapi, salah satu yang diharapkan melakukan revitalisasi tersebut adalah Posyandu dan PKK. Selain itu, juga bekerjasama dengan Perguruan Tinggi terdekat dengan daerah yang tercatat memiliki tingkat gizi rendah.

"Jadi misalnya kebetulan kurang gizi yang cukup berat itu di Bangkalan, maka salah satu yang kita ingin bangun adalah partnership dengan Unijoyo (Universitas Trunojoyo)," jelasnya.

Khofifah minta, dan memastikan bahwa Kecamatan-Kecamatan tertentu segera dipetakan. Sehingga itu yang akan jadi prioritas di 2019.

"2020 akan lanjut di Kecamatan yang lain, itu bisa lebih fokus," tandasnya.

jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter