Kerjasama dengan Bea Cukai Juanda, Polda Sita Sabu Senilai Rp 7 Miliar

Editor: Erwin Yohanes / Reporter:

Petugas menunjukkan sabu yang disita

jatimnow.com - Direktorat Reserse Narkoba Polda Jawa Timur meringkus 2 bandar narkoba, 5 kurir, serta mengamankan barang bukti dengan total 6,5 kilogram sabu (total senilai Rp 7 milliar).
 
Para tersangka ini ada yang berasal dari dalam negeri serta seorang warga negara Vietnam.
 
"Pengungkapan kasus narkoba ini berbagai jaringan. Ada 5 perkara yang diungkap Direktorat Reserse Narkoba bekerjasama dengan Bea Cukai Juanda," kata Kabid Humas Polda Jatim Kombes Pol Frans Barung Mangera saat jumpa pers bersama Wakil Direktur Reserse Narkoba AKBP Teddy Suhendiawan Syarif di balai wartawan Polda Jatim, Jalan A Yani, Surabaya, Jumat (6/4/2018).
 
Pengungkapan lima kasus peredaran narkoba ini pada 17 Januari 2018, 20 Februari, 21 Februari, 19 Maret dan 28 Maret 2018.
 
Untuk perkara yang diungkap pada Januari, diamankan tersangka inisial RY. Dari tersangka ini, ditemukan barang bukti 2,950 gram yang disimpan di dalam panci.
 
"Ini kerjasama dengan Beacukai," kata AKBP Teddy Suhendiawan Syarif.
 
Pada Februari, Polda Jatim menangkap tersangka inisial DH. Barang bukti yang disita 42,02 gram. Setelah dikembangkan, polisi mengamankan tersangka inisial IM dan disita 204 gram sabu.
 
Pada 19 Maret lalu, diamankan seorang perempuan warga negara Vietnam, Nguyen. Nguyen diamankan petugas Bea Cukai Juanda dan disita barang bukti 1,175 gram sabu yang disamarkan pada dinding koper.
 
Sedangkan pada 28 Maret lalu, polisi mengamankan tiga tersangka inisial H, HM dan RD, mereka adalah satu jaringan. Dari tersangka H, polisi mengamankan barang bukti 1.012,79 gram sabu.
 
Tersangka ini membawa sabu dari Batam ke Surabaya, kemudian dalam pengembangan mendapatkan tersangka HM dan RD. Polisi mengamankan barang bukti lagi sebesar 914 gram di rumah tersangka RD.
 
"Ada 7 tersangka. Dari jumlah tersebut, lima tersangka sebagai kurir. Sedangkan dua tersangka sebagai bandar yang hasil pengungkapan di Pasuruan dan Batam ," jelas Teddy.
 
Reporter: Jajeli Rois
Editor: Erwin Yohanes


jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter