Kemeriahan Ritual Petik Padi di Ponorogo, Arak Tumpeng hingga Tarian

Editor: Narendra Bakrie / Reporter: Mita Kusuma

Para tokoh masyarakat Desa Glinggang, Ponorogo ikuti ritual petik padi

jatimnow.com - Ratusan petani di Desa Glinggang, Kecamatan Sampung, Kabupaten Ponorogo menggelar ritual petik padi. Sebelum memanen padi, warga juga melakukan ritual dengan membawa ayam panggang utuh.

Barang bawaan tersebut dikirab mengelilingi areal persawahan seluas lima hektar dengan penuh kegembiraan. Sebab usai ritual, mereka bakal menikmati jerih payahnya mengolah lahan karena pagi yang mereka taman siap dipanen.

Setelah itu, salah satu tokoh masyarakat menggelar ritual tari persembahan untuk Dewi Padi atau biasa dikenal dengan sebutan Dewi Sri. Tarian tersebut sebahai wujud syukur kepada Dewi Sri karena tanaman mereka tumbuh subur tanpa ada serangan hama.

Usai menggelar tarian Dewi Sri, sesepuh desa itu kemudian menggelar ritual terakhir yaitu ritual petik padi.

"Ini merupakan acara adat kami. Acara masyarakat Glinggang untuk upacara petik. Mudah-mudahan yang kami petik hari ini membawa berkah di masyarakat Glinggang dan Sampung pada umumnya," kata Kepala Desa Glinggang, Riyanto, Sabtu (13/4/2019).

Riyanto menambahkan, ritual petik padi merupakan tradisi tahunan yang diturunkan nenek moyang setiap musim panen tiba. Ia menyebutkan tradisi itu sebagai wujud rasa syukur atas hasil panen.

"Membawa keselamatan, kelancaran rizki bagi masyarakat Glinggang," terang Riyanto.

Usai melakukan ritual, warga menyantap tumpeng yang mereka bawa. Mulai dari ayam panggang, buah hingga jajanan pasar.

"Semoga musim tanam mendatang hasil panenya juga melimpah," pungkasnya.

 


jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter