Jokowi Disebut Pemimpin Maju, Diajak Masuk Ka'bah Saat Umrah

Editor: Budi Sugiharto / Reporter: LKBN Antara Sandhi Nurhartanto

Presiden Jokowi mencium Hajar Aswad. Foto: Dok. Istimewa

jatimnnow.com - Putra Mahkota Kerajaan Saudi Muhammad bin Salman menyebut Presiden Indonesia Joko Widodo sebagai pemimpin yang maju.

Dalam kunjungan kerjanya ke Arab Saudi, Presiden Joko Widodo (Jokowi) disambut hangat oleh Putra Mahkota Kerajaan Saudi Muhammad bin Salman dalam pertemuan di Istana Putra Mahkota Riyadh, Minggu (14/4/2019) malam.

Selain melakukan pertemuan bilateral, Putra Mahkota juga menjamu Presiden Jokowi dalam jamuan santap malam bersama.

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi yang turut mendampingi Presiden Jokowi dalam pertemuan bilateral tersebut mengatakan pertemuan berlangsung dalam suasana yang cair dan penuh kehangatan.

"Putra Mahkota menghargai stabilitas politik dan pertumbuhan ekonomi Indonesia yang baik. Indonesia dinilai beruntung memiliki pemimpin yang jelas dan maju,” kata Retno, sebagaimana disampaikan Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin.

Dalam pertemuan tersebut, Putra Mahkota menyampaikan lagi keputusan penambahan kembali kuota haji sebanyak 10.000 orang bagi Indonesia.

Turut mendampingi Presiden Jokowi dalam pertemuan bilateral tersebut, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko, dan Duta Besar Indonesia untuk Kerajaan Arab Saudi Agus Maftuh Abegebriel.

Foto: instagram @jokowi

Presiden Jokowi Masuk Ka'bah

Presiden Jokowi tiba di Bandara Internasional King Abdulaziz, Jeddah berihram

Presiden Joko Widodo tiba di Bandara Internasional King Abdulaziz, Jeddah dengan mengenakan pakaian ihram pada Senin (15/4/2019) dini hari.

Dalam sejumlah foto dari Biro Pers, Sekretariat Presiden Jokowi bersama Ibu Negara Iriana Joko Widodo tiba di bandara itu pada pukul 01:57 waktu setempat.

Rombongan kepresidenan telah menempuh penerbangan selama 90 menit dari Riyadh usai melakukan pertemuan bilateral dengan Raja Salman bin Abdulaziz al-Saud.

Dari bandara tersebut, Presiden melanjutkan perjalanan menuju Kota Mekkah.

Dua putra Presiden juga turut dalam kunjungan itu yakni Gibran Rakabumingraka dan Kaesang Pangarep.

Sebelumnya pada Minggu (14/4/2019), Presiden Jokowi beserta Iriana dijamu Raja Salman bin Abdulaziz al-Saud di Istana Pribadi Raja di Riyadh.

Dalam pertemuan bilateral dengan Raja Salman disepakati peningkatan kerja sama ekonomi dari sektor pariwisata dan energi.

Berdasar foto yang diunggah Sekretaris Kabinet (Setkab), Pramono Anung @pramonoanun di Twitter memperlihatkan Presiden Jokowi dan keluarganya  diajak masuk ke dalam Ka'bah saat umrah di Tanah Suci.

Selain itu, Presiden Jokowi mencium Hajar Aswad. Ibadah tersebut dilaksanakan Jokowi kala berada di dalam masa tenang Pemilu 2019.

Selain Jokowi, orang yang pernah masuk ke dalam Kakbah adalah Presiden ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), serta Presiden ke-2 Soeharto.


jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter