KPU Tambah 161 TPS untuk Pemilih Tambahan Lapas dan Ponpes di Jatim

Editor: Sandhi Nurhartanto / Reporter: Arry Saputra

Ketua KPU Jatim, Choirul Anam

jatimnow.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Timur memberikan tambahan sebanyak 161 TPS untuk daftar pemilih tambahan (DPTb).

Ketua KPU Jatim, Choirul Anam mengatakan 161 TPS tambahan itu sebagian besar akan disebar di beberapa lapas atau rutan dan sisanya di pondok pesantren di wilayah Jatim.

"Yang pindah memilih terkonsentrasi, jadi dari 161 TPS itu 77 terkonsentrasi di lapas. Sedangkan sisanya hampir semua terkonsentrasi di ponpes," kata Choirul Anam di Mapolda Jatim, Senin (15/4/2019).

Anam menjelaskan, TPS tambahan tersebut dikonsentrasikan di sejumlah pondok pesantren yang memiliki banyak santri. Ia mencontohkan seperti Pondok Pesantren Lirboyo, Kediri.

"Jadi ada ponpes besar contoh di Kota Kediri ada kurang lebih 25 TPS itu hanya di pondok Lirboyo. Ada juga di Ngawi, Ponorogo (ponpes) Gontor, Sumenep dan ponpes lain-lain," ujarnya.

KPU Jatim tidak menyediakan TPS tambahan bagi DPTb mahasiswa. Pasalnya sebagian mahasiswa di Jatim tidak memiliki timpat tinggal yang terkonsentrasi atau tempat tinggal tetap.

"Untuk kawan-kawan mahasiswa di Malang, Jember ini memang sesuai dengan perintah KPU Pusat kita sebar tidak kita dirikan TPS DPTb. Karena tinggal mereka menyebar tidak terkonsentrasi kecuali di kampus di Ponorogo, Gontor (ada ponpes untuk mahasiswa) itu memang asrama," tukasnya.

 


jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter