Pixel Codejatimnow.com

Doorprize Amplop Berisi Uang Digantung di TPS 69 Surabaya, Disemprit

Editor : Arif Ardianto  Reporter : Narendra Bakrie
Doorprize amplop berisi uang di TPS 69 Tambak Asri, Surabaya sebelum dicopot oleh Panwascam Krembangan
Doorprize amplop berisi uang di TPS 69 Tambak Asri, Surabaya sebelum dicopot oleh Panwascam Krembangan

jatimnow.com - Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwascam) Krembangan, Surabaya didampingi sejumlah polisi mendatangi TPS 69 eks lokalisasi Tambak Asri, Krembangan, Surabaya, Rabu (17/4/2019).

Petugas Panwascam langsung mencopot paksa beberapa amplop berisi uang yang digantung oleh Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara. Meskipun amplop itu bertujuan untuk memberikan semangat kepada warga di eks lokalisasi ini.

"Saya dapat info dari PPK Kecamatan Krembangan terkait ada doorprize. Kita berkoordinasi bersama dalam rangka untuk menjaga hal-hal yang tidak diinginkan bersama," kata Ketua Panwascam Krembangan, Muhammad Romli.

"Maka doorprize ini yang sudah berjalan, karena momennya berbeda terpaksa kami turunkan. Setelah diambil, disimpan ke KPPS, menurut informasi. Pencopotan ini dilakukan sesuai himbauan dari KPU Kota Surabaya," tegas Romli.

Baca juga:
Rumah Pompa Wonokitri: Serpihan Seni sejak Abad 19, Disulap jadi Wisata Heritage Surabaya

Romli menambahkan, doorprize amplop berisi uang yang digantung di TPS ini untuk diambil para pemilih setelah mereka menyalurkan hak suaranya.

Pencopotan amplop berisi uang itu akhirnya mendapat reaksi keras dari warga setempat. Mereka mengaku kecewa karena doorprize itu dianggap sebagai penyemangat warga dalam menyalurkan hak suaranya dalam Pemilihan Umum (Pemilu) 2019.

Baca juga:
Ketum PSI Kaesang di Surabaya Disambut Bising Knalpot 600 Riders

"Doorprize padahal cuma dua ribu. Kecewa dicopot, nggak ada hiburan. Orang-orang padahal semangat ngambil amplop saat setelah nyoblos," ungkap Wiwik, warga setempat.

Setelah dicopot, amplop-amplop berisi uang untuk penyemangat warga eks lokalisasi Tambak Asri, Krembangan itu akhirnya dikembalikan ke KPPS.