Penuhi Nazar, Pendukung Jokowi di Ponorogo Juga Cukur Gundul

Editor: Arif Ardianto / Reporter: Mita Kusuma

Proses cukur gundul pendukung Jokowi di Ponorogo

jatimnow.com - Setelah Jombang dan Surabaya, pendukung pasangan Capres dan Cawapres nomor urut 01, Joko Widodo-Ma’ruf Amin di Ponorogo juga menggelar aksi cukur gundul sebagai bentuk rasa syukur atas kemenangan versi quick count, Jumat (19/4/2019).

Pendukung Jokowi yang sekaligus simpatisan Partai NasDem di DesaSragi, Kecamatan Sukorejo tersebut menepati nazar atau janji mereka sebelum Pemilu 2019.

Sebanyak 12 orang yang mengenakan kaos Bu Ipong (istri Bupati Ponorogo) yang jadi Caleg DPR RI dari NasDem mengikuti aksi cukur gundul.

Aksi cukur gundul ini diawali dengan 12 orang dengan duduk bersila melakukan doa bersama. Di depan mereka ada kelapa dan dua tangkap pisang raja.

Kemudian, mereka berdoa dan sambil mengucap syukur karena kemenangan Jokowi. Setelah melakukan ritual, ke 12 orang dicukur gundul.

"Ini merupakan nazar kami. Sesaat sebelum pemilu saat kumpul-kumpul bernazar jika Jokowi menang dan NasDem mendapatkan kursi sesuai dengan prediksi akan melakukan cukur," kata Tim Pemenangan Jokowi-Maaruf, Sunarto.

Partai NasDem di Ponorogo sendiri memprediksi mendapatkan 10 kursi di DPRD Kabupaten Ponorogo, DPRD Provinsi Jawa Timur dan DPR RI.

"Ya sebenanrnya prediksi 11-13 kursi di Kabupaten Ponorogo. Ini sudah 10 kursi sekarang. Dan prediksi bakal terus melesat," jelas Sunarto yang juga caleg DPRD Ponorogo dari NasDem.

Tidak hanya itu, makna lain dari cukur gundul adalah untuk menghilangkan sesuatu yan tidak baik. Ia pun berharap dengan adanya hasil ini, semua yang berbeda pendapat kembali bergandeng tangan.

"Kembali ke posisi semula. Kembali bersatu, menang atau kalah itu hal biasa," terangnya.


jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter