Sirup Bogem Wonorejo Hasil Kekayaan Pantai Timur

Editor: Erwin Yohanes / Reporter:

Soni saat membuat sirup bogem

jatimnow.com - Sirup bogem merupakan produk khas Kelurahan Wonorejo, Surabaya. Sirup ini menjadi produk unggulan kampung, yang juga memiliki kawasan mangrove.

Tak hanya menjadi produk andalan, produksi sirup ini juga melibatkan warga kampung.

Soni Mohson, merupakan seorang penggagas produk sirup bogem di kampung tersebut. Ia mengolah buah tanaman mangrove, yakni bogem (Sonneratia caseolaris atau dikenal dengan nama pidada merah), sudah di produksi sejak 1998.

”Awalnya ada salah satu teman yang coba memakan, katanya  rasanya asam dibuang, terus saya ambil baunya itu harum terus saya coba berinovasi,” ujarnya.

Baca jugaAyo Rasakan Khasiat Sirup Bogem Mangrove Wonorejo

Sampai menjadi produk sirup bogem, Soni mengaku melalui banyak tahapan dan beberapa kali gagal. Sampai ia harus melakukan uji coba, hingga layak untuk dikonsumsi. Bogem yang digunakan adalah buah masak yang jatuh dari pohon.

” Bogem hampir tidak pernah berhenti berbuah ada kalanya panen raya ada kala buahnya nggak banyak,” kata Soni.

Panen buah bogem adalah buah masak yang jatuh dari pohon dan dipasang jaring selama ber bulan-bulan. Buah yang dipanen bisa mencapai delapan sampai 10 kg.

Buah bogem yang diproduksi dari kombinasi 2 kilogram gula pasir, 1 kilogram buah bogem dan 2 liter air menghasilkan 2,5 sampai 2,7 liter sirup.

Menurut bapak 3 anak tersebut saat produksi yang dilakukan saat ini, baru seminggu 2-3 kali dan sirup tersebut dikemas dalam botol dengan ukuran 360 ml.

”Jumlah produksi memang tidak menentu. Tergantung panen buahnya. Puncaknya, buah bogem dapat dipanen saat musim kemarau atau pada bulan Agustus sampai Oktober,” terangnya.

Selain sirup, Soni mengembangkan buah bogem menjadi produk makanan lainnya. Yaitu, selai dan dodol. ”Tapi, memang produksinya tidak setiap hari. Sesuai pesanan,” tutup kakek empat cucu itu.

Reporter: Arri Saputra

Editor: Erwin Yohanes

 

Tinggalkan Komentar

jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter