Mengintip Pengamanan Rekapitulasi Surat Suara Pemilu di Jawa Timur

Editor: Narendra Bakrie / Reporter: Arry Saputra Mita Kusuma Mahfud Hidayatullah

Kapolrestabes Surabaya Kombes Pol Rudi Setiawan mengecek kesiapan anggota dalam menjaga rekapitulasi di PPK Tegalsari, Surabaya

jatimnow.com - Instruksi Kapolda Jatim, Irjen Pol Luki Hermawan agar seluruh polres di jajarannya melakukan penjagaan ketat dan pengamanan diterapkan di Polrestabes Surabaya, Polres Ponorogo, Pacitan hingga Probolinggo. Bersama personel TNI, polisi bersenjata lengkap menjaga proses rekapitulasi di tingkat kecamatan.

Di Surabaya, Polrestabes Surabaya menambah personel untuk mempertebal pengamanan rekapitulasi surat suara Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 di tingkat Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK).

Baca juga:  Sebar Polisi Bersenjata, Kapolda Jatim: Tindak Tegas Penganggu Pemilu

Kapolrestabes Surabaya Kombes Pol Rudi Setiawan mengatakan, penebalan pengamanan di PPK itu sesuai instruksi Kapolda Jatim Irjen Pol Luki Hermawan. Setiap personel polisi yang berjaga, dilengkapi senjata laras panjang dan rompi anti peluru.

"Ini dimaksudkan untuk mengantisipasi keadaan yang dinamikanya cukup tinggi. Kita juga ingin memberikan sinyal kepada masyarakat, bahwa Polri dan TNI siap mengamankan proses rekapitulasi Pemilu," kata Rudi saat meninjau PPK Tegalsari di Jalan Tanggulangin, Surabaya, Sabtu (20/4/2019).

Kapolres Ponorogo, AKBP Radiant bersama Danrem setempat mengecek pengamanan di PPK

Di tempat terpisah, Kapolres Ponorogo, AKBP Radiant juga menerapkan pengamanan serupa. Ia menyebut sudah menerjunkan sekitar 700 personel bersenjata lengkap dan disebar ke seluruh PPK.

"Kami bersama-sama teman-teman TNI dan Satlinmas menjaga PPK di 21 kecamatan," ujar Alumnus AKPOL tahun 1998 ini.

Radiant menjelaskan, anggota pengamanan tidak boleh meninggalkan PPK yang dijaga secara bersama-sama.

"Kalau anggota hendak beristirahat, harus bergantian dengan rekannya. Kita pastikan kotak suara dalam kondisi aman, sehingga tidak ada celah untuk melakukan gangguan dalam proses penghitungan," tambahnya.

Hal serupa juga dilakukan Polres Pacitan.

"Sama dengan polres lain di jajaran Polda Jatim, kami juga menerjunkan pasukan bersenjata lengkap untuk mengamankan PPK," sambung Kapolres Pacitan, AKBP Sugandi.

Sejumlah polisi dari Polres Probolinggo Kota melakukan pengamanan di salah satu PPK

Begitu pula dengan Polres Probolinggo Kota. Personel gabungan juga tampak menjaga ketat proses rekapitulasi di PPK serta menjaga gudang penyimpanan kotak surat suara.

Kapolres Probolinggo Kota AKBP Alfian Nurrizal menyebut, selain menerjunkan anggota bersenjata lengkap ke PPK, sejak mulai Jumat (19/4) siang, dirinya bersama Dandim 0820 Probolinggo, Letkol Inf. Imam Wibowo melakukan patroli ke beberapa PPK yang sudah mulai melakukan penghitungan.

"Ini untuk memastikan kondusifitas, sehingga pesta demokrasi berjalan lancar dan aman. Siapapun yang mencoba mengganggu jalannya rekapitulasi, bakal ditindak tegas," tandas Alfian.

 

 


jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter