Semburan Dahsyat Air Lumpur di Blora, BNPB: Tidak Sama dengan Sidoarjo

Editor: Sandhi Nurhartanto / Reporter: Farizal Tito

Semburan air di Blora, Jateng

jatimnow.com - Kepala Pusat Data, Informasi, dan Hubungan Masyarakat di Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Sutopo Purwo Nugroho menyebut jika peristiwa di Doplang, Blora, Jawa Tengah bukan seperti seperti semburan lumpur di Sidoarjo.

Pada unggahan statement di akun Twitter Sutopo, @Sutopo_PN itu juga menyertakan video air lumpur yang menyembur dan telah beredar viral.

 

"Ini bukan fenomena semburan lumpur seperti lumpur Sidoarjo. Tapi aktivitas hydrotest untuk mengecek kekuatan pipa gas sebelum dialiri gas di Doplang Blora," tulis Sutopo, Selasa (23/4/2019).

Ia juga menegaskan bahwa aktivitas hydrotest itu dilakukan oleh PT Pertamina Gas (Pertagas) sebagai upaya pembangunan jalur pipa gas dari Gresik ke Semarang.

"Pengecekan dilakukan PT Pertamina Gas bagian dari pembangunan jalur pipa gas Gresik-Semarang. Masyarakat dihimbau tenang," lanjutnya.

Baca juga: 

Manager PR & CSR PT pertamina Gas (Pertagas), Zainal Abidin mengatakan aktivitas pembersihan pipa dengan flushing (proses pembersihan material sebelum dialiri gas) yang dilaksanakan PT Pertamina Gas di Doplang, Blora telah selesai, Jumat (19/4).

"Sudah selesai tidak sampai satu jam. Hanya 45 menit proses flushing. Aktivitas dilakukan untuk mengecek apakah pipa yang dipasang tahan terhadap tekanan dan bersih dari material sebelum dialiri gas. Masyarakat tidak perlu khawatir," katanya kepada jatimnow.com.

Menurutnya, proses flushing tersebut menghasilkan tekanan yang tinggi dan mengakibatkan material yang keluar. Oleh Pertagas, dilakukan proses pembersihan di area semburan, Sabtu (20/4).

Video semburan itu sempat beredar di media sosial (medsos) dan menjadi viral. Dalam jagat medsos menyebutkan kejadian itu berada di wilayah Grobogan, Jawa Tengah, namun ada yang meluruskan bila kejadian di Blora. Semburan itu cukup besar seperti yang terjadi di lumpur Sidoarjo.

 

 

jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter