Pixel Code jatimnow.com

Mural Hari Bumi dari Tanah Majapahit

Editor : Narendra Bakrie Reporter : Achmad Supriyadi
Salah satu pelajar melukis mural dalam rangka Hari Bumi di Mojokerto
Salah satu pelajar melukis mural dalam rangka Hari Bumi di Mojokerto

jatimnow.com - Peringatan Hari Bumi di Mojokerto digelar Dinas Lingkungan Hidup dengan mengadakan lomba lukis mural di tembok Stadion Gelora Gajah Mada, Mojosari.

Sebanyak 45 peserta mengikuti lomba mural tersebut mulai dari siswa sekolah dasar hingga para seniman lukis profesional. Mereka tampak berkreasi menyampaikan pesan cinta bumi melalui lukisan mural. Dalam melukis, para peserta menggunakan cat acliryc.

Guru Seni Budaya Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Mojosari, Yunda Osianita (26) mengatakan, anak didiknya ia ikutkan dalam lomba mural peringati Hari Bumi.

"Ada dua tim dari MAN 1 Mojosari. Satu tim terdiri tiga murid. Tema agar selalu mencintai bumi dengan mengutamakan memakai sepeda ontel daripada memakai kendaraan bermotor. Satunya tema bumi yang bersih dan bumi yang kotor karena asap-asap pabrik," kata perempuan manis berkacamata ini.

Baca juga:
Peringati Hari Bumi, Forum Wartawan Sidoarjo Gelar Diskusi Lingkungan

Peserta termuda, Veshayu Taranggana Sasadhara atau akrab dipanggil Tara, siswi kelas 6 SDN Mojosari menyampaikan, karya yang ia lukis bertema jagalah bumi dari penebangan pohon liar dan bebas dari sampah plastik.

"Soalnya tahun-tahun ini banyak sampah plastik. Karya saya menyampaikan bahwa kita harus bisa mengelola sampah plastik," jelas Tara.

Baca juga:
Hari Bumi 2022, Khofifah Ajak Masyarakat Jatim Peka Masalah Lingkungan

Sementara, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Mojokerto, Zainal Arifin menuturkan, lomba mural sengaja digelar di salah satu tempat yang tidak terawat di Mojosari agar nampak lebih indah.

"Ini juga salah satu media untuk siswa-siswi yang punya jiwa seni sebagai tempat penyaluran jiwa seni mereka. Ini dulunya tempat kurang terawat, makanya kami gelar di sini supaya lebih cantik dan indah," tandas Zainal.