Avengers Versi Kearifan Lokal, Gubernur Jatim Jadi Captain Khofifah

Editor: Narendra Bakrie / Reporter: Farizal Tito

Avengers: Endgame ala Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa

jatimnow.com - Film Avengers: Endgame mengguncang dunia, termasuk di Indonesia. Warga di Indonesia terkena 'demam' film superhero tersebut, salah satunya Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa.

Dalam akun Instagram pribadi @khofifah.ip, Gubernur Khofifah mengunggah foto karikatur dirinya berkostum superhero Marvel Comics yaitu Captain Marvel yang merupakan karakter paling kuat dalam film karya sutradara Russo Brothers ini.

Pada foto karikaturnya itu, kostum Captain Marvel yang dipakai Gubernur Khofifah diubah menjadi merah putih sesuai warna Bendera Indonesia lengkap dengan lambang burung garuda di bagian dada.

Gubernur Khofifah tampak terbang di atas bumi dengan memancarkan energy blast dari seluruh anggota tubuhnya. Meski berpakaian bak superhero, ia terlihat tetap tampil anggun dengan jilbab dan senyum khasnya.

Di bawah foto karikatur Gubernur Khofifah tersebut, tulisan Marvel Studios diganti dengan tagline miliknya yaitu Jatim Cettar, tapi dengan jenis huruf khas Marvel Studios. Gubernur Khofifah menyebut dirinya sebagai Captain Khofifah. Di Kolom Caption, ia menyatakan siap menghadapi Thanos, tokoh antagonis di film Avangers: Endgame tersebut datang dan menyerang Indonesia.

Mantan Menteri Sosial tersebut juga menulis sederet nama superhero asli Indonesia yang disebutnya sebagai The Avengers versi kearifan lokal.

"Siap bergabung bersama Gundala Putra Petir, Gatot Kaca, Godam, Wiro Sableng, Saras 008, Volt, Panji Manusia Millenium, dan kawan-kawan lain di Avangers versi kearifan lokal melawan Thanos!" tulis Gubernur Khofifah dalam akun Instagramnya tersebut, Jumat (28/4/2019).

Dalam akunnya itu, Gubernur Khofifah juga memperingatkan agar Thanos tidak datang ke Indonesia dan membuat keonaran, mengingat Indonesia memiliki dan menyimpan kekuatan dahsyat berupa "Infinity Stones" yang terdiri dari Pancasila, Bhineka Tunggal Ika, NKRI dan UUD 1945.

"Jangan harap Mad Titan tersebut bisa menyerang dan membuat kekacauan, apalagi sampai melakukan genosida terhadap populasi rakyat Indonesia. Sampaikan pesan saya kepada Thanos, Indonesia adalah negara kuat dan tidak akan pernah bubar karena memiliki Infinity Stones," sambung Gubernur Khofifah dalam caption-nya tersebut.

Foto karikatur gubernur perempuan pertama di Jawa Timur itu, hingga pukul 15.08 Wib, Jumat (28/4/2019), disukai 11.017 orang dan dikomentari 331 kali.

Unggahan itu menuai banyak komentar positif dan pujian dari netizen Indonesia yang menganggap Gubernur Khofifah sebagai pejabat publik yang gaul dan kekinian karena selalu up to date dengan isu-isu aktual dan perkembangan zaman. Gubernur Khofifah juga dinilai mampu mengkomunikasikan pesan-pesan kebangsaan, tapi dengan cara yang mengasyikkan dan tidak kaku.

"Menyampaikan jati diri sebagai bangsa dan Negara Indonesia yang merdeka dan berdaulat dengan 4 pilar PBNU = Pancasila, Bhineka Tunggal Ika, NKRI, UUD'45 dgn narasi cerita dan kemasan milenial diera digital.. kereen, mbois..bu," tulis akun @rasyid1047.

"Nguakak saya liat foto dan captionnya. Sangat inspiratif dan kekinian Bu... Jaman now memang butuh tehnik komunikasi yang kekinian agar mudah tersampaikan... Lanjutkan bu @khofifah.ip Joko Tingkir dan Sakera siap merapat," tambah akun @rokhim_moch.

"gaul dan millenials banget ibuku ini @khofifah.ip," imbuh @i5abella_j.

Tidak sedikit pula netizen yang kemudian memanggil Khofifah dengan sebutan kapten seraya mendoakannya tetap amanah dan membawa kemajuan bagi Jawa Timur.

"Pagi bu kapten... semangat mimpin jatim ya kapten, tambah makmur tambah barokhah, tambah rukun, tambah maju, tambah berkembang dan tambah... yg lainnya," tulis akun @qnununik

"Kerrrreennn... Bu, captain Jawa Timur...smga sllu sehat dn sll dlm Lindungan Allah... Tetap semangat... Perempuan Hebat," tambah akun @aries_soraya.

Selama ini Gubernur Khofifah dikenal cukup aktif di media sosial. Ibu empat orang anak tersebut memiliki lebih dari 200 ribu follower. Tidak hanya kegiatannya sebagai Gubernur Jawa Timur yang diunggahnya, tapi juga kekayaan kuliner nusantara, pariwisata dan kehidupan pribadinya.

"Ini cara saya untuk bisa berkomunikasi dua arah dengan masyarakat luas. Saya tidak ingin menciptakan jarak dan waktu. Jadi kapanpun dan di manapun mereka bisa curhat, memberi saran, masukan dan juga kritik kepada saya," jelas Gubernur Khofifah.


jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter