jatimnow.com
Tips Berkendara di Jalan Tol Ketika Hujan

Jalan Tol Sidoarjo berselimut mendung (foto-foto: Budi Sugiharto/jatimnow.com)

jatimnow.com - Beberapa wilayah termasuk di Surabaya, diguyur hujan mulai pukul 13.50 Wib, Senin (29/4/2019). Sementara, Jalan Tol Sidoarjo masih tampak berselimut mendung. Hati-hati berkendara ketika hujan!

Kasat Patroli Jalan Raya (PJR) Polda Jatim, AKBP Bambang S Wibowo menyampaikan tips berkendara ketika hujan mengguyur jalan tol.

Sebab menurutnya, angka kecelakaan di jalan tol di Jawa Timur masih cukup tinggi dengan berbagai penyebab, salah satunya yaitu turunnya hujan yang mengguyur jalan tol.

"Hindari berkendara dengan kecepatan tinggi karena permukaan jalan yang basah dapat membuat selip kendaraan," ungkap Bambang.

Alumnus AKPOL tahun 1999 ini menambahkan, saat hujan berlangsung, pengendara diimbau menghindari pengereman mendadak dan tetap menjaga jarak kendaraan dengan kendaraan yang ada di depannya.

"Pastikan lampu dan ban kendaraan dalam kondisi baik sebelum berkendara," tambahnya.

Faktor lain yang bisa menjadi penyebab kecelakaan di jalan tol yaitu kondisi pengendara yang lelah dan mengantuk, tapi memaksakan diri memacu kendaraannya.

"Jangan memaksakan diri berkendara saat mengantuk," tegas Bambang.

Selain itu, faktor pengemudi terlalu kencang memacu kendaraannya bisa menjadi salah satu penyebab petaka di jalan tol.

"Patuhi batas kecepatan maksimal di jalan tol. Jangan ngebut," sambungnya.

Loading...

Dari catatan jatimnow.com, beberapa kecelakaan yang terjadi di jalan tol di wilayah Jawa Timur, terjadi dengan berbagai penyebab, mulai dari pengemudi mengantuk, ban pecah hingga jarak kendaraan yang terlalu dekat sehingga pengemudi tidak bisa menghindar saat ada pengereman mendadak kendaraan di depannya.

"Jika mematuhi imbauan-imbauan kami di atas, InsyaAllah semua pengendara aman saat berkendara," tandasnya.

Berita Terkait