Hari Pertama Rekapitulasi, KPU Surabaya Targetkan 6 Kecamatan Selesai

Editor: Arif Ardianto / Reporter: Arry Saputra

Proses rekapitulasi di KPU Surabaya

jatimnow.com - KPU Kota Surabaya menggelar rapat pleno rekapitulasi Pemilu 2019, Selasa (30/4/2019). Bertempat di kantor KPU Jalan Adityawarman, Surabaya, proses penghitungan digelar mulai pukul 11.00 Wib.

Rekapitulasi suara di hari pertama ini akan menghitung perolehan suara dari 6 kecamatan yakni Kecamatan Pakal, Bulak, Jambangan, Gayungan, Asemrowo dan Benowo.

"Alhamdulillah berjalan lancar dan baik. Teman-teman saksi juga tanggapannya tidak terlalu banyak dan sudah clear," ujar Komisioner KPU Surabaya Divisi Teknis Miftakul Ghufron saat ditemui dilokasi.

Ghufron mengatakan, rekapitulasi ini diikuti oleh KPU, Bawaslu para saksi paslon dan partai serta pengamanan dari Linmas Kota Surabaya. Setiap kecamatan akan berjalan 2 jam, ia menargetkan penghitungan akan rampung pada pukul 23.00 Wib.

"Tapi Pakal kurang dari 2 jam sudah selesai. Jadi harapan saya hari ini 6 kecamatan sudah selesai dengan baik," ungkapnya.

Ia menjelaskan, KPU Surabaya telah memasang target penghitungan selesai dalam waktu 5 hari. Sehingga perhari KPU harus menghitung 6 sampai 7 kecamatan untuk menyelesaikan sebanyak 31 kecamatan yang ada di Surabaya.

"Satu hari harus bisa 6 hingga 7 kecamatan, sehingga target 31 kecamatan bisa terpenuhi selama 5 hari. Dari sekarang sampai 4 Mei besok ," jelasnya.

Ghufron mengatakan, hingga saat ini hanya 10 kecamatan yang telah mengumpulkan hasil rekapitulasi di tingkat kecamatan. Meski belum banyak yang menyetor, KPU akan tetap menjalankan rekapitulasi bagi kecamatan yang sudah selesai.

"Yang belum selesai itu karena administrasinya. Seperti Kecamatan Tambaksari itu rekapitulasinya sudah tapi ada 21 ribu berkas yang harus ditandatangani. Mungkin hari ini sudah bisa disetor," jelasnya.

Sementara itu, di Kecamatan Pakal yang sudah selesai perhitungannya Paslon no urut 01 Jokowi-Ma'ruf berhasil unggul dari Paslon nomor urut 02 Prabowo-Sandi. Perolehan suara Jokowi-Ma'ruf, 22.141 atau 68,8 persen dari total suara yang masuk. Sedangkan Prabowo-Sandi dengan suara 9.144 suara atau 28,8 persen.

"Hasil ini sudah sesuai dengan yang ada di PPK dan sudah ditempel di masing-masing kecamatan. Tidak ada tanggapan yang serius. Memang sebelumnya saksi di sana sudah menerima tidak ada keberatan," pungkasnya.


jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter