BNPB: Perempuan Jadi Guru Kesiapsiagaan Bencana

Editor: Sandhi Nurhartanto / Reporter: Avirista Midaada

Kepala BNPB Doni Monardo dan Gubernur Jatim Khofifah cek peserta apel kesiapsiagaan bencana di Malang

jatimnow.com - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) bersama jajaran BPBD Provinsi Jawa Timur gelar simulasi penanganan bencana di Lapangan Rampal, Kota Malang, Selasa (30/4/2019).

Simulasi digelar dalam Hari Kesiapsiagaan Bencana Provinsi Jawa Timur, melibatkan berbagai elemen. Terdiri dari kaum disabilitas, perempuan lansia, dan kaum berkebutuhan khusus untuk menghadapi bencana dan proses evakuasi.

Disaksikan langsung oleh Kepala BNPB Doni Monardo dan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, terlihat kesiapan dan ketangkasan petugas BPBD berkolaborasi dengan relawan dan tim SAR menolong korban.

Kepala BNPB, Doni Monardo mengatakan apel dan simulasi ini sebagai upaya untuk melatih dan menyiapkan sumber daya manusia baik dari BPBD maupun masyarakat.

"Latihan kesiapsiagaan sebagai upaya untuk mencegah dan meminimalisir adanya korban saat bencana terjadi. Meski yang paling penting adalah langkah mitigasi kebencanaan," ujarnya.

Ia menyebut simulasi dan mitigasi harus terus disosialiasasikan ke masyarakat terutama ke kaum perempuan.

"Perempuan sebagai guru kesiapsiagaan bencana. Seorang ibu memiliki sifat melindungi aktif dalam kelompok sosial. Kurangnya pemahaman penanganan dan keinginan menolong keluarganya meski tidak memiliki kapasitas dan kemampuan. Maka di hari kesiapsiagaan dan simulasi kali ini kita libatkan perempuan dan ibu - ibu supaya mengerti," jelasnya.

Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa menyebut provinsi dengan kontur alam yang ada cukup rawan dengan bencana yang muncul.

Mantan Menteri Sosial ini menyebut perlu adanya sinergisitas antar lembaga untuk memperkuat dan mempercepat saat terjadi bencana.

"Sinergisitas harus semakin kuatkan kapasitasnya. Kita perkuat mitigasi dan sensivitas kita melihat gejala - gejala alam yang ada di masing - masing daerah," kata Khofifah.

 


jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter