Begini Pengamanan May Day 2019 di Surabaya

Editor: Arif Ardianto / Reporter: Farizal Tito Arry Saputra

Kawat berduri di Grahadi/ Foto: Fahrizal Tito

jatimnow.com - Para buruh di Jatim berencana menggelar unjuk rasa pada peringatan Hari Buruh Sedunia atau May Day, hari ini, Rabu (1/5/2019). Di Surabaya sendiri ada tiga titik yang akan di jadikan tempat untuk unjuk rasa.

Tiga titik tersebut yaitu Kantor Disnakertrans Jatim, Jalan Dukuh Menanggal Selatan, kedua di Kantor Gubernur Jatim, Jalan Pahlawan serta titik terakhir di Gedung Negara Grahadi, Jalan Gubernur Suryo.

Pantauan jatimnow.com di sekitaran Jalan Pahlawan para petugas dari kepolisian, Satpol PP, BPB Linmas, hingga Dishub Surabaya sudah bersiap melakukan pengamanan.

Sementara dari kepolisian sudah menyediakan satu mobil water cannon. Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) juga terlihat di lokasi. Satu pemadam kebakaran dan ambulans juga telah disiapkan.

Di depan kantor Gubernur Jatim sendiri telah disediakan panggung peringatan Hari Buruh Internasional Provinsi Jawa Timur. Namun, hingga pukul 10.00 Wib, massa dari para buruh belum terlihat mendatangi kantor Gubernur Jatim.

Lalu lintas di sekitaran Jalan Pahlawan juga terpantau lengang. Beberapa massa buruh sempat melintas namun tak berhenti. Mereka langsung melanjutkan perjalanan.

Sementara pengamanan di Gedung Negara Grahadi diberlakukan sedikit lebih ketat. Kawat berduri dipasang menutupi bagian depan gedung dan akses masuk. Selain mobil polisi, nampak juga disiagakan satu unit mobil PMK.

Untuk pengamanan May Day, Polda Jatim menerjunkan 2.500 personel dari Polrestabes Surabaya, Polresta Sidoarjo, Polres Pasuruan, Polres Pasuruan Kota, Polres Mojokerto dan Polres Mojokerto Kota serta Polres Gresik.

Kabid Humas Polda Jatim, Kombes Pol Frans Barung Mangera menyebut, pengamanan tidak hanya dilakukan di Surabaya, tapi juga di daerah asal buruh seperti polres jajaran yang dilibatkan di atas.

"Kami berharap saat buruh tiba di Grahadi atau di Tugu Pahlawan, peringatah Hari Buruh bisa berlangsung aman dan tertib," tambahnya.


jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter