Derita Ilham, Bocah Yatim Piatu dengan Kelainan Alat Kelamin

Editor: Narendra Bakrie / Reporter: Mita Kusuma

Ilham, bocah dengan kelainan alat kelamin digendong Pramestia Ayu, kakak kandungnya

jatimnow.com - Kondisi Ilham Abdul Mukodas, bocah berumur 5 tahun asal Desa Morosari, Kecamatan Sukorejo, Kabupaten Ponorogo, sangat memprihatinkan. Kebocoran pada pangkal alat kelaminnya, membuatnya tidak bisa seriang bocah seumurannya. Apalagi ia sudah menjadi yatim piatu.

Di rumahnya itu, Ilham hanya tingal bersama tiga kakaknya. Sebab kedua orangtuanya sudah meninggal dunia. Di rumah sederhana berukuran 5 kali 6 meter itulah, Ilham menjalani hidupnya sehari-hari penuh derita.

Atas kelainan alat kelamin yang dideritanya itu, setiap buang air kecil, Ilham harus berjongkok seperti anak perempuan. Sebab jika tidak, seluruh air kencingnya akan berceceran, termasuk menegnai celana.

"Dari kecil memang demikian. Mau bagaimana lagi," kata Kakak Ilham, Pramestia Ayu saat ditemui di rumahnya, Kamis (2/5/2019).

Ayu menambahkan, keluarganya bukan tidak mau berusaha. Namun ketidakmampuan biaya memaksa dirinya dan saudara Ilham yang lain yang hanya bisa pasrah. Ayu mengaku, saat ini ia dan saudaranya yang lain hanya berharap uluran tangan dari para donator.

Derita Ayu, Ilham dan saudaranya yang lain semakin berat ketika sang ayah, Kasdi meninggal dunia karena tersengat aliran listrik sekitar dua tahun lalu. Disusul sang ibu, Siti, yang meninggal 100 hari kemudian.

Meski begitu, Ayu mengatakan bahwa sang adik tidak pernah mengeluh apapun. Hanya saja jika tidak segera dioperasi, menurut dokter, Ilham tidak akan bisa mempunyai keturunan (anak) ketika kelak menikah.

"Ilham tidak pernah mengeluh apapun," ungkap Ayu.

Ayu berharap ada kepedulian lebih terhadap adik bungsunya itu. Sehingga Ilham bisa hidup normal dan tidak minder dengan kelainan pada alat kelaminnya itu.

 


jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter