Petugas Kelelahan, Rekapitulasi Suara KPU Surabaya Ditunda

Editor: Sandhi Nurhartanto / Reporter: Arry Saputra

Komisioner KPU Surabaya Divisi Teknis, Miftakul Ghufron

jatimnow.com - Proses rekapitulasi perolehan suara Pemilu 2019 tingkat Kota di Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Surabaya, Sabtu (4/5/2019) ditunda.

Komisioner KPU Surabaya Divisi Teknis, Miftakul Ghufron mengatakan, proses rekapitulasi ditunda lantaran petugas PPK Krembangan yang akan membacakan hasil perolehan suara mendadak alami kelelahan.

"Iya ditunda karena faktor kelelahan, kami ndak bisa memaksakan karena tidak hanya faktor fisik tapi psikis juga. Faktor kesehatan yang menghambat teman-teman dan akhirnya belum siap," jelas Ghufron di Kantor KPU Surabaya.

Proses rekapitulasi yang seharusnya dimulai sejak pukul 13.00 Wib ini di jadwalkan kembali pukul 19.00 Wib. Kondisi petugas PPK yang tidak memungkinkan untuk melanjutkan rekapitulasi.

Bahkan, dua petugas PPK Krembangan yang dilarikan ke klinik terdekat lantaran kondisinya lemas. Mereka berdua mengalami kelelahan saat proses rekapitulasi di tingkat kecamatan yang dirasa cukup panjang dan menguras tenaga.

"Belum kita mulai, karena teman-teman Krembangan butuh recovery. Tadi sudah dibawa ke klinik beberapa anggota yang juga intinya kelelahan. Ada dua orang dari Kecamatan Krembangan," jelasnya.

Pihak KPU akhirnya memaklumi kondisi tersebut dan melakukan penundaan sementara. Petugas akhirnya diminta untuk pulang istirahat. Selain itu petugas lainnya juga meminta izin untuk berziarah ke makam keluarga menjelang Ramadan.

"Karena kan proses rekapitulasi tingkat kecamatan dengan kota beda. Kecamatan prosesnya lebih panjang, dan mereka tidak cukup waktu untuk memulihkan tenaga buat ini. Mereka psikis dan fisik belum siap ya kita maklumi hal itu. Di sisi lain juga ada petugas yang minta izin untuk nyekar tadi," imbuhnya.

Sementara itu, perhitungan terakhir sudah ada 18 kecamatan yang selesai di rekapitulasi. Di hari kelima ini 6 kecamatan yang siap dilakukan rekapitulasi antara lain Kecamatan Krembangan, Kecamatan Tegalsari, Kecamatan Tandes, Kecamatan Bubutan, Kecamatan Sukomanunggal, dan Kecamatan Sukolilo.

 


jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter