Sidak Sejumlah Toko, Pemkot Blitar Temukan Makanan Kaleng Kadaluarsa

Editor: Arif Ardianto / Reporter: CF Glorian

Petugas TKP2MO sidak di salah satu toko di Blitar

jatimnow.com - Tim Koordinasi Pembinaan Pengawasan Makanan dan Obat (TKP2MO) Kota Blitar, Selasa Siang (10/04/2018) menggelar sidak makanan ke sejumlah pedagang.

Tim gabungan yang terdiri dari Dinas Kesehatan, Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Satpol PP dan YLKI Blitar berkonsentrasi pada pedagang dan kios. Dari sidak itu sejumlah barang tak layak edar masih banyak dijual pedagang.

"Para pedagang rata-rata tidak tau kalau barang yang datang atau bahkan yang ada di display ternyata sudah expired atau kemasan rusak termasuk pelabelan yang tidak sesuai," kata Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Kota Blitar dr. Dharma Setyawan Selasa (10/04/2018).

Puluhan makanan tak layak edar yang ditemui oleh TKP2MO langsung ditarik dan diamalkan oleh petugas.

Beberapa bahan makanan tak layak edar yang masih dijual pedagang diantaranya Kornet, Asparagus, teh, dan saus tomat.

Sidak ini merupakan agenda rutin yang dilakukan oleh Pemkot Blitar. Tujuannya untuk menjaga kelayakan makanan yang dijual oleh para pedagang kepada para pembeli.

"Ini bukan sidak istimewa, tapi ini cuma sidak rutinan saja. Kita menjaga pembeli, tapi juga harus menjaga pedagang. Makanya pedagang yang barangnya sudah kita amankan juga langsung kita bina biar tau kalau yang didistribusikan itu terkadang masih tidak layak," kata dia.

Sidak ini akan dilakukan hingga dua hari kedepan. Sidak itu akan berkonsentrasi pada para pedagang serta pemilik kios yang ada di kota Blitar.

"Yang banyak memang produk kaleng ya, karena flow penjualan produk kaleng memang tergolong lambat jadi banyak yang kadaluarsa masih kita temukan. Makanya kita akan terus lakukan (sidak) sampai benar-benar aman," pungkasnya.

Reporter: CF Glorian
Editor: Arif Ardianto

jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter