Caleg Gerindra Banyuwangi Laporkan Rekan Separtai ke Bawaslu

Editor: Narendra Bakrie / Reporter: Hafiluddin Ahmad

Koordinator Divisi Penindakan Pelanggaran Bawaslu Banyuwangi, Anang Lukman Afandi

jatimnow.com - Seorang Calon Legislatif (Caleg) DPR RI daerah pemilihan (Dapil) Jatim 3 dari Partai Gerindra melaporkan rekan separtainya ke Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Banyuwangi.

Pelapor adalah Eko Susilo Nurhidayat, Caleg DPR RI, Dapil Jatim 3 nomor urut 2. Eko melaporkan rekan separtainya, Sumail Abdullah, yang juga Caleg DPR RI Jatim 3 nomor urut 1.

Koordinator Divisi Penindakan Pelanggaran Bawaslu Banyuwangi Anang Lukman Afandi membenarkan, dalam kasus ini antara pelapor dan terlapor merupakan sesama Caleg dari Partai Gerindra.

"Laporannya beberapa hari yang lalu (7/5), jadi yang kita panggil masih pelapornya saja, Haji Eko," kata Anang di Kantor Bawaslu, Jalan dr Soetomo Banyuwangi, Senin (13/5/2019).

Anang menjelaskan, laporan itu dilakukan Eko atas dugaan penggelembungan dan penambahan suara hingga terlapor unggul perolehan suaranya di daerah Wongsorejo.

Dilanjutkan Anas, dalam laporannya, Eko juga menyebut keterlibatan petugas KPPS, PPS dan PPK Kecamatan Wongsorejo. Dalam hal ini, dugaannya ada pelanggaran Pasal 532 UU Nomor 7 tahun 2017 tentang Pemilihan Umum.

"Dugaannya ada penggelembungan suara yang dilakukan oleh terduga dan disangkakan ke KPPS, PPS dan PPK. Tapi ini nanti kita buktikan apakah dugaan itu betul atau tidak. Mereka satu partai, nomor urut 1 dan nomor urut 2," tambahnya.


jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter