jatimnow.com

Hati-hati, Satgas Money Politic dan Cyber Crime Selalu Mengintai

🔍

SURABAYA:: jatimnow.com – Satgas Money Politic dan Cyber Crime siap mengawasi dan menindak tegas oknum-oknum yang melanggar pada saat pilkada serentak 2018. Pembentukan Satgas ini memang untuk menyambut pesta demokrasi 2018.

“Pak Kapolri sudah menyampaikan bahwa kehadiran Satgas Money Politic dan Satgas Cyber Crime ini dalam rangka Polri sudah siap menyambut pilkada," kata Kabareskrim Komjen Pol Ari Dono ditemui wartawan seusai Rakor Mantap Praja Semeru 2018 di Hotel Whyndam, Surabaya, Senin (22/1/2018).

Menurut Ari, kedua satgas ini beroperasi hanya pada saat pilkada, sehingga masa berlakunya terbatas pada saat pilkada serentak. Namun begitu, jika ada pelanggaran di pilkada, maka akan tetap diserahkan terlebih dahulu kepada sentra Gakkumdu (penegakkan hukum terpadu) pilkada.

Loading...

“Proses penegakan hukum tetap melalui centra gakkumdu, karena itu sudah bagian dari undang-undang,” tegasnya.

Meski begitu, ia memastikan bahwa hingga saat ini belum ada pelanggaran yang ditemukan oleh dua satgas itu. Ke depannya, apabila ditemukan pelanggaran maka akan ditindak tegas.

"Alhamdulillah belum ada. Kalau ada, pasti ditindak tegas. Mungkin sudah diumumkan, orang sudah takut," jelasnya.

Selain itu, Ari juga mengapresiasi upaya yang dilakukan Polda Jatim dalam menciptakan kondisi yang aman dan kondusif dengan menggelar rakor. Ini merupakan langkah awal untuk menjaga kamtibmas sebelum tahapan-tahapan pemilu.

Sementara itu, Kapolda Jatim Irjen Pol Machfud Arifin memastikan kondisi Jawa Timur saat ini masih aman dan kondusif. Dengan kondisi ini, diharapkan masyarakat bisa senang dan tidak perlu takut menjelang pilkada serentak ini.

"Sementara terpantau dingin-dingin saja," pungkas Machfud.

 

(Redaksi)