Ini Tanggapan Warga Soal Kapal Motor Baru Probolinggo-Gili Ketapang

Editor: Sandhi Nurhartanto / Reporter: Mahfud Hidayatullah

Salah satu kapal penyeberangan pulau Gili Ketapang milik warga

jatimnow.com - Kedatangan Kapal Motor (KM) Gandha Nusantara II yang melayani rute penyeberangan Probolinggo-Gili Ketapang diharapkan segera disosialisasikan kepada masyarakat.

Kepala Desa Gili Ketapang, Suparyono mengatakan agar pihak pengelola bertemu dengan masyarakat Pulau Gili Ketapang, Kecamatan Sumberasih, Probolinggo. Menurutnya, saat ini warga Pulau Gili Ketapang telah memiliki 60 unit usaha kapal penyeberangan sendiri. 

Baca juga: Satu Kapal Motor Siap Angkut Pemudik dari Probolinggo-Gili Ketapang

"Warga Pulau Gili Ketapang sudah lama memiliki kapal transportasi penyeberangan pulau Gili Ketapang menuju Probolinggo. Kami harap pihak pengelola kapal segara mengambil langkah-langkah strategis untuk bisa bertemu dengan warga," ujarnya.

Menurutnya, dengan adanya kapal tersebut secara otomatis akan menjadi daya saing terhadap kapal yang dikelola oleh warga pulau Gili Ketapang.

"Memang secara garis besar kapal cepat hadir untuk mempercepat akses transportasi. Namun dari segi yang lain warga sudah memiliki kapal transportasi tradisional sudah berjalan sejak nenek moyangnya," tegasnya.

Ia berharap setidaknya pemerintah bisa melakukan sosialisasi agar masyarakat paham dan mengerti dengan adanya kapal tersebut.

"Sehingga tidak ada persoalan yang timbul ditengah kehidupan masyarakat Gili Ketapang terutama dari kalangan pengusaha kapal penyeberangan tradisional," harapnya.

KM Gandha Nusantara II berkapasitas 53 orang dan bisa mengangkut 2 unit mobil dengan kapasitas 10 ton satu kali keberangkatan.

Kapal ini memiliki panjang 24,70 meter dengan lebar 6,30 meter dan ketinggian 2,20 meter berbobot 92 GT dan diproduksi tahun 2017 telah diserahkan Kementrian Perhubungan (Kemenhub) kepada PT Pelayaran Nasional Indonesia (Pelni) untuk dijadikan alat transportasi laut bagi masyarakat yang ada berkunjung ke pulau Gili Ketapang.

"Kapal ini memang disediakan untuk penyebarangan Probolinggo-Gili Ketapang termasuk untuk persiapan arus mudik lebaran," ujar Wakil Bupati Probolinggo, Ahmad Timbul Prihanjoko saat menghadiri penyerahan kapal dari Kemenhub.

 


jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter