WN Amerika Meninggal saat Mendaki Gunung Semeru

Editor: Arif Ardianto / Reporter: Hafiluddin Ahmad Mahfud Hidayatullah

Evakuasi pendaki meninggal di Gunung Semeru

jatimnow.com - Seorang warga negara (WN)  Amerika meninggal saat melakukan pendakian di Gunung Semeru. Korban meninggal saat berada di Ranu Kumbolo.

Korban bernama Prasetio Tjondro (62) yang tercatat sebagai warga 62 Floral Ter Tenafly NJ 07670 - 2404 United States Of America (USA).

"Korban meninggal kelahiran Jogja tapi kewarganegaraan USA," kata Kepala Bidang Kesiapsiagaan, Kedaruratan dan Logistik BPBD Lumajang, Wawan Hadi Siswoyo, Minggu (19/5/2019).

Korban dinyatakan meninggal pada Minggu dinihari, sekitar pukul 00.28 Wib di Ranu Kumbolo, Desa Ranupane, Kecamatan Senduro, Kabupaten Lumajang.

Kronologinya, kata Wawan, pada Sabtu (18/5/2019) sekitar pukul 22.21 Wib, petugas jaga resort Ranupane, Siswanto, mendapat laporan dari pendaki yang bernama Lutfiana bersama seorang porter, Edi.

Mereka, mengabarkan bahwa 1 orang temannya, Tjondro Prasetyo mengalami sakit di Ranu Kumbolo dan meminta untuk dilakukan evakuasi menuju ke Ranupane.

Di hari yang sama, sekitar pukul 15.00 Wib korban meminta obat diare kepada temannya, dr Lili, karena mengeluhkan sakit perut.

"Pukul 19.03 Wib kondisi korban semakin memburuk, sehingga rombongan memindahkan korban ke Shelter agar dapat menghangatkan dan memberi pertolongan pertama," paparnya.

"Hari Minggu 19 Mei pukul 00.28 Wib petugas Porter, Jhon Handoyo menyampaikan ke Saver Ranupane, Faiz, bahwa korban sudah meninggal dunia," tambah Wawan.

Korban dievakuasi dari Ranu Kumbolo menggunakan tandu.

Untuk mengetahui penyebab kematiannya, oleh Tim Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) melakukan evakuasi menuju ke RSUD dr Haryoto, Lumajang.

"Masih dalam poses visum di dr Haryoto (untuk mengetahui penyebab kematiannya, red)," tandasnya.

Korban bersama rombongannya yang berjumlah 7 orang diantaranya Sofian Tatag, Emanuel Evan Hartanto, Endang Setyo P, Fx Susanto Wijojo Santoso, Hing Hartanto, Ratnan Eka Dewi Tatag, Prasetyo Tjondro melakukan pendakian ke Ranu Kumbolo pada Jumat (17/5/2019) sekitar pukul 10.11 Wib.


jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter