Aksi Heroik Bocah SMP di Surabaya Gagalkan Penjambretan HP

Editor: Arif Ardianto / Reporter: Arry Saputra

Tersangka saat berada di Mapolsek Sukomanunggal

jatimnow.com - Seorang bocah SMP di Surabaya berhasil menggagalkan penjambretan sebuah handphone (HP). Bocah tersebut menarik motor jambret hingga terjatuh.

Peristiwa itu terjadi di sekitar SMPN 25 Jalan Simomulyo, Surabaya. Korban seorang pelajar sedang bermain HP di depan gerbang sekolah. Melihat pemandangan itu, pelaku yang diketahui bernama Andreyono (24) memanfaatkan sepinya jalan dengan menjambret HP milik pelajar tersebut.

Kapolsek Sukomanuggal, Kompol Muljono menjelaskan, tersangka yang berprofesi sebagai tukang las berniat untuk mengantar besi ke bengkel las di Jalan Tanjungsari. Setelah dari bengkel ia perjalanan pulang melewati Jalan Simomulyo melihat ada pelajar yang sedang duduk memegang hp di depan gapura sekolahnya.

"Melihat kondisi jalan yang sepi, pelaku tergoda untuk merampas hp tersebut. Dengan menggunakan motornya Honda Beat bernopol L 52474 ZW tersangka langsung merampas hp korban dengan menggunakan tangan kiri dengan keras," jelas Muljono, Jumat (24/5/2019).

Namun saat tersangka akan melarikan diri, korban berhasil memegang motor tersangka hingga membuatnya terjatuh. Korban kemudian melapor ke petugas keamanan sekolah untuk meminta bantuan pengamanan pelaku dan dilaporkan ke polisi.

"Korban yang berhasil mengahalau pelaku untuk melarikan diri kemudian meminta bantuan security sekolah dan tersangka dibawa ke pos. Petugas kami mendapat laporan adanya tindak pidana pencurian segera mengamankan pelaku beserta barang buktinya," ujar Muljono.

Muljono mengatakan, pelaku memang mengincar sasarannya para pelajar yang lengah tengah bermain HP dan langsung dirampas dibawa kabur.

"Modusnya ketika ada anak sekolah berjalan mainan hp itu langsung direbut. Target pelaku ini rata-rata pelajar SMP," jelasnya.

Pelaku mengaku sudah empat kali menjalankan aksi penjambretan ini. Rata-rata korbannya adalah pelajar yang bermain HP di jalan.


jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter