Persiapan Arus Mudik 2019, Puluhan Sopir Bus di Blitar Dites Urine

Editor: Arif Ardianto / Reporter: CF Glorian

Tes kesehatan dan urine sopir bus di Blitar

jatimnow.com - Perisiapan angkutan arus mudik 2019, Puluhan sopir bus mengikuti tes urine yang digelar polisi dalam razia gabungan di Blitar. Selain tes urine, armada angkutan umum tersebut juga diperiksa kelaikan.

"Tujuannya untuk memastikan kesiapan angkutan lebaran termasuk kelaikan kendaraan. Selain itu juga memastikan kesehatan awak kendaraan dalam kondisi yang baik, tidak terpapar zak adiktif maupun narkotika," terang Kapolres Blitar Kota, AKBP Adewira Negara Siregar, Jumat (24/05/2019).

Razia itu hanya difokuskan pada kendaraan roda empat atau lebih. Para pengendara mobil diarahkan masuk ke Terminal Patria.

Tes urin dan cek kesehatan sendiri dilakukan oleh Dinas Kesehatan sementara test kelaikan kendaraan dilakukan oleh Dinas Perhubungan.

Meski hasilnya nihil zat adiktif, namun 92 sopir yang jalani tes urin harus mewaspadai penyakit dalam seperti kolesterol, darah tinggi dan asam urat.

Menurut Adewira, kegiatan tersebut rutin dilakukan terlebih menjelang hari besar demi mencegah terjadinya kecelakaan.

"Harapannya semoga kegiatan ini bisa membawa manfaat seperti kesiapan kendaraan, minimalitas kecelakaan dan para pengemudi dalam keadaan fit sehingga dalam menjalankan tugasnya melayani masyarakat," imbuhnya.

Sementara itu Suwito, salah satu sopir truk usai menjalani tes urin mengaku senang karena dengan begitu ia bisa tau kondisi tubuhnya.

"Tekanan darah tadi agak tinggi. Jadi saya bisa tahu gimana (kondisi tubuh)," kata dia.

jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter