Miris, Candi Belahan Sumber Tetek di Pasuruan Retak dan Rawan Ambrol

Editor: Arif Ardianto / Reporter: Moch Rois

Candi Belahan atau biasa disebut pemandian Sumber Tetek di Pasuruan

jatimnow.com - Kondisi Candi Belahan atau pemandian Sumber Tetek di kawasan Gunung Penanggungan, Pasuruan cukup memprihatinkan. Muncul keretakan serta susunan batu bata yang nyaris ambrol.

Ketua Dewan Kesenian dan Kebudayaan Kabupaten Pasuruan, Ki Bagong Sinukarto mengatakan, jika keretakan di situs peninggalan kerajaan dinasti Prabu Airlangga ini terbilang cukup parah.

"Memang depan terlihat rapi. Tapi, retakan menganga di bagian belakang candi ini sangat bahaya," Kata Bagong, Senin (27/5/2019).

Penekun budaya Pasuruan ini pun miris melihat kondisi petirtaan belahan yang seakan diabaikan oleh Pemerintah dan Pengelola Situs.

"Ditambah lagi efek getaran dari kendaraan roda 4 yang melintas di jalan desa samping candi. Saya khawatir lama-lama ini bisa merubah struktur candi," tegasnya.

Diketahui, situs petirtaan yang dibangun di abad ke-11 era kerajaan Kahuripan ini, masih eksis hingga sekarang.

Masyarakat dari berbagai daerah banyak yang datang, karena air dari candi sumber tetek dipercaya memiliki banyak khasiat.

"Banyak yang datang ke sini (sumber tetek) dengan maksud tertentu. Karna memang air disini dikenal banyak khasiat," ujar Mukhamad Derajad (34), warga setempat.

jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter