Komplotan Pembobol Mesin ATM Antar Provinsi Diringkus di Probolinggo

Editor: Narendra Bakrie / Reporter: Mahfud Hidayatullah

Kapolres Probolinggo Kota, AKBP Alfian Nurrizal membeberkan dua pelaku dan barang bukti

jatimnow.com - Petualangan dua pembobol mesin ATM lintas provinsi terhenti di Kota Probolinggo. Itu setelah keduanya ditangkap saat membobol uang Rp 20 juta dalam mesin ATM Bank BNI di depan pabrik textile Eratex Jalan Soekarno Hatta, kota setempat.

"Pembobolan itu dilakukan kedua pelaku pada Sabtu (25/5/2019) dinihari kemarin," kata Kapolres Probolinggo Kota, AKBP Alfian Nurrizal, Senin (27/5/2019).

Menurut Alfian, kedua pelaku merupakan residivis, yaitu Susilo Hadi Hermansyah (54), warga asal Sumenep, Madura dan Sugiyono (45), warga asal Tegal Gede, Kabupaten Karang Anyar, Jawa Tengah.

Alfian menyebut, kedua pelaku sudah tiga kali membobol mesin ATM, di antaranya Sragen, Pekalongan dan Probolinggo. Dalam aksinya, kedua pelaku dibantu satu pelaku lain yang berhasil kabur saat ditangkap.

"Satu pelaku lain sudah kita terbitkan DPO dan sedang kami buru," ujarnya.

Dalam beraksi, komplotan ini sudah menyiapkan peralatan, salah satunya remot elektrik, tongsis yang sudah di modifikasi serta cat pilox.

"Alat tersebut digunakan pelaku untuk melancarkan aksinya. Termasuk cat pilox untuk melakukan mengecat kamera CCTV agar tertutup," bebernya.

Saat beraksi di Kota Probolinggo, kedua pelaku terpantau oleh petugas keamanan ATM hingga berhasil ditangkap dan diamankan Satreskrim Polres Probolinggo Kota.

"Uang sekitar Rp 20 juta yang diambil kedua pelaku dari mesin ATM itu juga kami sita," tambah Alfian.


jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter