Tangkal Hoax, 450 Bhabinkamtibmas Diberi Pelatihan Literasi Digital

Editor: Arif Ardianto / Reporter: Mita Kusuma

Pelatihan Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Bhabinkamtibmas) jajaran Eks Polwil Madiun.

jatimnow.com - Maraknya berita hoax di dunia Maya, membuat Satgas Nusantara (Satganus) wilayah Jawa Timur turun langsung memberikan pelatihan kepada Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Bhabinkamtibmas) jajaran Eks Polwil Madiun, Kamis (12/4/2018).

Pelatihan itu, diikuti oleh 450 Bhabinkamtibmas Eks Polwil Madiun (Polres Ponorogo, Polres Ngawi, Polres Madiun Kota, Polres Madiun, Polres Pacitan, Polres Magetan). Pelatihan itu dilakukan di Ballroom Hotel Sun Madiun Kota.

Kapolres Madiun, I Made Agus, mengharapkan dengan adanya pelatihan ini dapat menambah wawasan anggota Bhabinkamtibmas dalam menangkal kejahatan dunia maya maupun penyebaran berita hoax.

"Yang perlu diwaspadai adalah penyebaran hoax," katanya.

Sementara, Kepala Tim Satgasnus Mabes Polri di wilayah Polda Jatim, Kombes Pol Erwin Cahaya Rusmana, mengaku saat ini Bhabinkamtibmas adalah ujung tombak Kepolisian dalam menangkal tindak kejahatan yang mengedepankan kegiatan preemtif.

"Jadi bhabinkamtibmas harus pintar berinovasi dalam membangun situasi kondisi wilayah desa agar selalu kondusif serta terjaga komunikasi yang baik dengan masyarakat," katanya.

Selain itu, lanjutnya, maraknya kejahatan dunia maya, menuntut annggota Bhabinkamtibmas untuk melek dunia digital.

Untuk itulah diadakannya pelatihan literasi digital seperti ini. Apalagi memasuki pesta demokrasi Pilkada dan menjelang Pilpres 2019.

"Banyak ditemukan adanya berita berita hoax yang berisi ujaran kebencian dan isu sara dimedia sosial dimana hal tersebut merupakan ancaman serius terhadap situasi  kamtibmas yang membutuhkan penanganan ekstra dalam menangkal berita hoax," pungkasnya.

Reporter: Mita Kusuma
Editor: Arif Ardianto


jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter