Ini Menu Sahur dan Buka Puasa Ala Istri Bupati Trenggalek

Editor: Arif Ardianto / Reporter: Arry Saputra

Istri Bupati Trenggalek, Novita Hardini

jatimnow.com - Bupati Trenggalek M Nur Arifin beserta istrinya, Novita Hardini mempunyai menu favorit saat sahur dan berbuka puasa. Berbagai macam masakan tempe menjadi andalan pasangan muda tersebut.

Novita mengungkapkan alasan memilih tempe sebagai menu favorit lantaran keluarga tersebut ingin meneladani kesederhanaan sahabat nabi yakni Umar bin Khatab.

"Tempe jadi menu favorit saat sahur dan buka puasa. Sebisa mungkin kita harus hidup sederhana," ujar Novita saat mendampingi Nur Arifin pada pelantikan sebagai Bupati Trenggalek di Grahadi, Selasa (28/5/2019).

Tak hanya itu, Novita mengatakan jika ia sering kali menyajikan lauk berupa tahu dan ikan. Lauk tersebut juga diimbangi dengan sayur-mayur sebagai menu pelengkap.

"Biasa juga ada sayur seperti sop, kunci dan bening. Terus ada juga tahu, tempe dan ikan," ujarnya.

Perempuan yang juga sebagai penggerak PKK Trenggalek ini membagikan trik saat puasa. Tips tersebut berupa sahur dan buka puasa yang berbeda. Menurut dia, porsi untuk makan sahur harus lebih banyak dibandingkan buka puasa, karena di siang hari tubuh cukup menguras tenaga untuk berkegiatan.

"Sahur biasa nasi, susu, air putih dan madu. Buka lebih ke buah-buahan tapi minum air putih dulu, wedang jahe, degan ijo terus buah. Nasi putih saat buka separuh porsi," beber Novita.

Namun, yang sangat disayangkan Novita kini harus berbuka puasa tanpa suaminya lantaran Cak Ipin sapaan akrab M Nur Arifin ini membagi waktunya untuk masyarakat di Trenggalek.

"Mas Arifin sering keliling, beliau membagi waktu keliling kecamatan dan desa. Tapi Alhamdulillah sahur barengan," tutupnya.


jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter