Hafal Al Quran 10 Juz, Kapolda Jatim 'Jamin' Lulus Tes Polisi

Editor: Arif Ardianto / Reporter: Farizal Tito

Penandatangan pakta integritas penerimaan Anggota Polri 2018 Panda Jatim di Airlangga Convention Center Surabaya.

jatimnow.com - Kapolda Jatim Irjen Pol Machfud Arifin mengatakan bahwa bagi calon anggota Polri Tahun 2018 panitia daerah (Panda) Jatim yang hafal Alquran 30 juz (hafidz) akan di jamin lolos.

Hal tersebut ditegaskan Irjen Pol Machfud Arifin saat memberikan arahan kepada ribuan peserta saat penandatangan pakta integritas panitia, peserta, orang tua peserta dan pengawas di Airlangga Convention Center, Kamis (12/4/2018).

"Selain menerapkan seleksi berlandaskan bersih dan murni. Kami juga membuka calon anggota yang memiliki kemampuan menghafal Al Quran, minimal 10 juz sampai 30 juz," tuturnya.

Saat memberikan sambutan, kapolda menanyakan kepada peserta calon anggota Polri, siapa yang hafal Al Quran.

"Ada yang hafal 30 juz," katanya.

Karena nggak ada peserta yang mengacungkan diri hafal 30 Juz Al Quran, kapolda menguranginya lagi menjadi 20 juz.

"Saya kurangi, 20 juz ada yang hafal nggak. Nanti dites sama pak kanwil (Kanwil kemenag Jatim) kalau ada yang ngaku-ngaku hafal," ujarnya.

Ternyata masih belum menemukan peserta hafal Al Quran 20 juz. Machufud menguranginya lagi menjadi 15 juz hingga 10 juz.

"Ya dikurangi lagi 15 juz, ada nggak. 10 juz ada nggak," jelasnya.

Kapolda juga menyampaikan kepada peserta calon bintara yang memiliki kemampuan di bidang apa saja dan menjuarai kejuaraan tingkat internasional, nasional serta membawa harum nama Indonesia.

Jika ada peserta yang hafidz quran minimal 10 juz maupun prestasi di bidang lainnya, Kapolda 'menjamin' lulus bagi mereka.

"Bagi yang hafal 10 sampai 30 juz, laporkan saya. Saya talent scouting lulus. Kalau kurang-kurang lari sedikit nggak apa-apa lah, karena pekerjaannya ngaji, sembayang tahajud ya dilulusin saja. Nanti ditaruh di bagian intel, taruh di pesantren-pesantren," jelasnya

Selain itu, polda Jatim juga membuka kesempatan bagi para calon peserta yang juga memiliki prestasi di bidang apapun, seperti olah raga, kesenian, dan lain sebagainya, akan mendapatkan prioritas dari penyelenggara.

"Saat ini polisi juga memerlukan jurusan kimia, jadi yang memiliki prestasi secara internasional maupun nasional pasti ada nilai tambahan dan diprioritaskan pada talent scouting," pesan Kapolda.

Untuk diketahui, saat ini peserta yang telah mendaftar di Polda Jatim telah tercatat lebih dari 10 ribu peserta. Namun, kuota yang diberikan, masih menjadi kewenangan Mabes Polri.

Reporter: Fahrizal Tito
Editor: Arif Ardianto

Tinggalkan Komentar

jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter