Menteri Yohana Imbau Pemudik untuk Ramah Terhadap Perempuan dan Anak

Editor: Sandhi Nurhartanto / Reporter: Jajeli Rois

Menteri Yohana menyapa anak-anak di Satsiun Senen

jatimnow.com - Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA), Yohana Yembise mengapresiasi Stasiun Pasar Senen yang dilengkapi dengan fasilitas ramah anak dan perempuan.

Menurutnya, masyarakat lebih memilih menggunakan kereta api sebagai transportasi Mudik Lebaran 1440 Hijriah karena lebih aman dan nyaman.

"Kereta api adalah salah satu transportasi yang direkomendasikan, karena selain nyaman juga aman terhadap keselamatan keluarga khususnya anak," katanya, Sabtu (1/6/2019).

Saat sidak dengan didampingi Kepala Stasiun Pasar Senen, ia meninjau beberapa titik lokasi yang ada di stasiun untuk melihat secara langsung kondisi perempuan dan anak.

"Kami juga sempat berbincang dan memberikan bingkisan kepada anak dan perempuan pemudik," ujarnya.

Yohana mengaku melihat adanya perubahan besar, terutama untuk fasilitas Stasiun Pasar Senen yang ramah perempuan dan anak dan mendapat respon baik dari para calon penumpang kereta .

"Adanya klinik steril ber-AC, tenaga medis profesional, dan obat-obatan lengkap tersedia. Saya juga sangat senang dengan tersedianya ruang laktasi. Tadi saya juga sempat berbincang dengan seorang ibu menyusui di ruang laktasi," lanjutnya.

Yohana juga mengapresiasi kinerja PT KAI dan menghimbau agar para pemudik mengutamakan keamanan dan kenyamanan anak – anaknya saat perjalanan, serta mengajak kaum laki – laki untuk menjaga perempuan agar terhindar dari kekerasan.

"Saya merasa salut dan mengapresiasi kinerja PT KAI yang telah memperhatikan anak dan perempuan dengan menyediakan fasilitas stasiun yang responsif gender, serta memberikan perlindungan khusus dan tumbuh kembang anak melalui ruang laktasi dan klinik," terusnya.

"Saya juga mengimbau agar para pemudik lebih memperhatikan hak anak. Jagalah mereka, jangan dibiarkan berkeliaran, pastikan anak menikmati perjalanan dengan rasa aman dan nyaman, dan memantau kesehatan mereka. Selamat merayakan Hari Raya Idul Fitri bersama keluarga tercinta," tutup Menteri Yohana.

Kepala PT KAI Daop I Jakarta, Dadan Rudiansyah mengatakan PT KAI telah berupaya meningkatkan fasilitas stasiun dan kereta api demi keamanan dan kenyamanan penumpang, utamanya bagi anak, perempuan, dan disabilitas.

"Selain menambah jumlah tempat duduk yang representatif di ruang tunggu penumpang, PT KAI juga telah menyediakan ruang menyusui, ruang medis, dan ruang bermain bagi anak," katanya.

 


jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter