Sosok Ani Yudhoyono Dimata Abdi Dalem Rumah Keluarga SBY di Pacitan

Editor: Arif Ardianto / Reporter: Mita Kusuma

Abdi dalem rumah masa kecil SBY di Pacitan, Edi Sunarto

jatimnow.com - Berpulangnya istri Presiden RI ke enam, Kristiani Herrawati atau yang akrab disapa Ani Yudhoyono meninggalkan duka mendalam bagi warga Indonesia, tak terkecuali warga di Kabupaten Pacitan.

Pacitan merupakan tanah kelahiran Presiden ke 6, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Di tanah kelahiran sang suami ini, banyak kesan manis yang ditinggalkan oleh Ani Yudhoyono.

Abdi dalem rumah masa kecil SBY, Edi Sunarto mengatakan, Ani merupakan sosok inspiratif. Menurutnya Ani bergaul kepada semua golongan tanpa memandang suku, ras maupun status sosial.

"Bu Ani wanita yang luar biasa. Ramah kepada siapapun termasuk saya yang hanya abdi dalem," kata Edi saat ditemui jatimnow.com di rumah SBY di Kelurahan Ploso, Kecamatan/Kabupaten Pacitan, Minggu (2/6/2019).

Menurutnya, saat berada di Pacitan, Ani pasti tidur di rumah masa kecil SBY. Ia mengaku Ani memilih beristirahat di rumah daripada di hotel. Ani disebut juga memperlakukan abdi dalem layaknya saudara. Tutur katanya lemah lembut dan sopan santun.

Ia mengaku saat berkunjung di rumah SBY, selalu berada di ruang tamu untuk sekedar nostalgia. Jika tidak, di kamar yang disediakan khusus SBY dan Ani.

Seorang warga Pacitan, Atik Suharyati mengatakan, bahwa sosok Ani Yudhoyono adalah orang yang rendah hati. Atik mengaku pernah ditegur paspampres karena berusaha foto bersama SBY dan Ani Yudhoyono. Namun SBY dan Ani mengijinkan foto bersama.

"Sempat dihalangi paspampres. Tapi Bu Ani tahu dan saya diperbolehan foto," kenangnya.


jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter