jatimnow.com

Tunggu Hasil Rukyatul Hilal, NU Belum Tentukan 1 Syawal 1440 H

Editor : Arif Ardianto Reporter : Arry Saputra
Pantuan hilal/Foto: dok jatimnow.com 🔍
Pantuan hilal/Foto: dok jatimnow.com

jatimnow.com - Berbeda dengan Muhammadiyah yang sudah menetapkan 1 Syawal 1440 H pada Rabu (5/6/2019). Nahdlatul Ulama (NU) masih belum menetapkan 1 Syawal 1440 Hijriyah. Pasalnya pihak NU bersama Kemenag di cabang-cabang diseluruh di Jatim masih melakukan rukyah untuk melihat Hilal tersebut.

Ketua Tanfidziyah Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Timur, KH Marzuki Mustamar mengatakan bahwa NU bersama Kemenag masih melakukan rukyah untuk melihat kapan penetapan 1 Syawal 1440 H.

"Apa sudah berhasil rukyahnya, kan katanya masih ngeruqyah dulu baru diketahui hasilnya. Nah itu nunggu hasil lnya dulu baru bisa ditetapkan,"kata Kiai Marzuki saat dihubungi jatimnow.com, Senin (3/6/2019).

Loading...

Sementara itu, pengecekan Hilal yang dilakukan NU di Jatim bersama Kemenag dilakukan di cabang-cabang yang dekat dengan daerah pemantauan Hilal.

"Otomatis bareng bareng kemenag di cabang cabang yang dekat daerah Pantau, di Malang  Donomulyo Tanjung Kodok, ujung pangkah. Untuk lebih jelasnya bisa menghubungi bagian yang menangani hisab," jelasnya.

Sementara itu Beredar surat edaran dari Lembaga Falakiyah Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama Jatim menyebut bahwa tidak melihat hilal selama proses rukyat di sejumlah daerah di Jawa Timur.

Loading...