Ini Menu Makanan Wajib Hari Raya Idul Fitri di Probolinggo

Editor: Sandhi Nurhartanto / Reporter: Achmad Supriyadi

Telur Sambal Petis Probolinggo

jatimnow.com - Hari Raya Idul Fitri kerap dirayakan dengan sajian beragam kuliner. Salah satunya di Probolinggo, hidangan makan dengan menu wajib yang cukup legendaris yakni telur sambal petis.

Telur petis bagi sebagian warga Probolinggo menjadi menu wajib jika hari lebaran. Telur petis ini disajikan bersama ketupat sayur.

Lilik, seorang warga Kelurahan Sukoharjo, Kecamatan Kanigaran, Kota Probolinggo mengatakan telur petis mempunyai rasa yang khas, enak dan bikin lidah ketagihan.

"Bahan yang gampang dicari, menu ini mudah sekali untuk di masak di rumah. Tidak lengkap kalau tidak ada menu telur petis untuk hidangan makan," katanya, Jumat (7/6/2019).

Ia kemudian memberikan resep dan bahan-bahan untuk membuat telur petis adalah telur ayam, rebus, daun salam, lengkuas, cabai merah besar, petis, garam, gula merah, merica dan minyak serta air.

Untuk bumbunya adalah bawang putih, bawang merah dan cabai merah keriting.

"Cara memasaknya, bumbu yang telah dihaluskan kemudian ditumis sampai keluar bau wangi. Setelah itu masukkan semua bahan dan diaduk hingga rata dan tuang air sedikit demi sedikit sambil diaduk hingga matang," ujarnya.

 


jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter