Sempat Kabur dan Melawan, Pencuri Mobil di Surabaya Ditangkap

Editor: Narendra Bakrie / Reporter: Arry Saputra

Sejumlah anggota Sat PJR Polda Jatim mengamankan pelaku pencurian mobil yang sempat kabur saat ditangkap

jatimnow.com - Seorang pria pencuri mobil ditangkap di Exit Tol Sepanjang, Sidoarjo, Minggu (9/6/2019). Pria ini ditangkap setelah terbukti mencuri mobil KIA Picanto bernopol L 1903 CL milik Nikita.

Penangkapan itu dilakukan Satuan Patroli Jalan Raya (Sat PJR) Polda Jatim. Sedangkan pelaku pencurian itu teridentifikasi bernama Yogi Firmansyah (29), warga Griya Kebraon Tengah, Blok 3 No. 28, Karangpilang, Surabaya.

Kasat PJR Polda Jatim, AKBP Bambang S Wibowo melalui Kanit Jatim 3 AKP Lamuji menjelaskan, pencurian mobil tersebut terjadi berawal karena pelaku mengenal korban melalui media sosial (medsos). Pelaku dan korban akhirnya bertemu di salah satu mal di Surabaya setelah satu bulan berkenalan.

"Keduanya saling berkenalan melalui media sosial dan berbagi nomor Whatsapp (WA), kemudian saling chatting kurang lebih sebulan. Nah pada tanggal 8 Juni 2019, keduanya janjian bertemu di Transmart Rungkut, Surabaya," jelas Lamuji.

Lamuji menambahkan, saat bertemu, pelaku kemudian mengajak korban untuk makan di Delta Plaza Surabaya. Saat itu, mobil korban dikemudikan pelaku. Namun saat korban memesan makanan, pelaku meninggalkan korban dengan alasan ibadah.

Pelaku diamankan setelah sempat kabur saat ditangkap

"Saat Nikita (korban pesan makanan), pelaku pamit untuk Salat Isya. Tapi pelaku langsung kabur membawa mobil korban itu," lanjutnya.

Setelah pelaku lama tak kembali, korban mulai curiga dan mencoba mencari pelaku ke parkiran mobil. Setelah mendapati mobilnya tidak ada, korban mencoba menghubungi pelaku tapi tidak berhasil, sehingga korban melapor ke polisi.

Mendapat laporan korban, sejumlah polisi disiagakan di sejumlah jalur yang dimungkinkan bakal dilalui sang pelaku. Hingga informasi itu sampai ke telinga anggota PJR Polda Jatim yang langsung melakukan penyekatan dan pengejaran.

"Mobil korban yang dibawa kabur pelaku mengalami ban bocor dan ditambal di Pom Bensin Sidoarjo. Sekitar pukul 08.00 Wib, pelaku mengarahkan mobil itu ke Krian, Sidoarjo. Anggota yang sedang berpatroli langsung menghentikan laju mobil tersebut dan menangkap pelaku," bebernya.

Meski terkepung, pelaku mencoba melarikan diri dengan turun dari mobil dan lari ke area makam. Namun sejumlah polisi akhirnya berhasil menangkapnya.

"Pelaku berhasil kami tangkap setelah sempat terjadi kejar-kejaran karena pelaku mencoba kabur ke makam. Selanjutnya pelaku dan barang bukti kami serahkan ke Polsek Taman untuk pengembangan lebih lanjut," tutupnya.


jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter