Tinjau Command Center Polda Jatim, Ini Kata Deputi Reformasi Birokrasi

Editor: Erwin Yohanes / Reporter:

Command Center di gedung SPKT Polda Jatim

jatimnow.com - Deputi Bidang Reformasi Birokrasi, Akuntabilitas Aparatur dan Pengawasan Kemenpan-RB M Yusuf Ateh, meninjau Command Center Polda Jatim.

Usai salat Jumat di masjid nan megah di komplek Mapolda Jatim Masjid Arif Nurul Huda, Yusuf Ateh diajak Kapolda Jatim Irjen Pol Machfud Arifin meninjau ruang pelayanan SPKT dan Command Center di gedung SPKT Polda Jatim, Jumat (13/4/2018).

Kapolda menunjukkan langsung ruang-ruang pelayanan yang ada di Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu (SPKT) Polda Jatim seperti ruang konseling, ruang bermain anak-anak hingga ruang ibu menyusui.


Kapolda bersama Yusuf Puteh (batik)

Rombongan yang terdiri dari Deputi Reformasi Birokrasi, Asrena Kapolri Irjen Pol Bambang, kemudian menuju ke ruang command center yang ada di lantai 2 gedung SPKT Polda Jatim.

Yusuf Ateh senang dengan pelayanan kepolisian berbasis IT di ruang command center. Yusuf dan Irjen Pol Bambang, juga berkomunikasi dengan Kapolres Mojokerto AKBP Leonardus melalui masing-masing command center di mapolres maupun di mapolda.

Dirintelkam Kombes Pol Teddy Setiadi juga menjelaskan, pelayanan berbasis IT juga diterapkan di Intelkam. Melalui IT, dapat mengetahui laporan kejadian di masing-masing wilayah polres.



"Saya senang sekali terutama yang terhubung dengan beberapa polres. Saya lihat di polres seperti ada tempat pengaduan, tempatnya lebih kecil, disini lebih besar dan bagus. Ada tempat ibu menyusui di polres agak sederhana dan di sini lebih besar lebih lengkap," kata Yusuf Ateh.

Katanya, pelayanan berbasis IT di kantor kepolisian di tingkat polres maupun polda, perlu mencontoh ruang Command Center Polda Jatim dan polres jajaran lainnya.

"Menurut saya harusnya seperti ini. Induknya jauh lebih berkembang dibandingkan yang di bawahnya, sehingga terjadi integarasi dan koordinasi yang jangkauannya luas sekali. Saya kira luar biasa," katanya.


"Saya akan lihat beberapa polda lainnya. Terus terang saja kami belum lihat di polda-polda lain. Nanti kami coba akan lihat kesana, dan saya kira nanti kita harapkan bisa menerapkan apa yang dicontohkan di Jawa Timur. Ini luar biasa," jelasnya.

Dengan nada guyon, Yusuf Ateh menyematkan Kapolda Jatim Irjen Pol Machfud Arifin sebagai jenderal IT.

"Ini jenderal IT," ujarnya sambil tertawa dan berjalan meninggal ruang Command Center Polda Jatim.

Reporter: Jajeli Rois

Editor: Erwin Yohanes

jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter