Wisata Halal Bakal Hadir di Pasuruan, di Sini Tempatnya

Editor: Narendra Bakrie / Reporter: Jajeli Rois

Wisata halal Pasuruan akan diresmikan akhir tahun 2019

jatimnow.com - Wahana wisata halal bakal hadir di wilayah Prigen, Kabupaten Pasuruan. Wisata halal tersebut juga bakal menjadi wisata edukasi bagi anak-anak, orang tua dan semua kalangan.

Owner wisata halal ngopibareng Saifullah Yusuf atau Gus Ipul menjelaskan, ada beragam wahana wisata halal yang ada di wilayah yang berdekatan dengan Tretes tersebut, yaitu area manasik haji seperti miniatur ka'bah, masjidil haram, masjid nabawi.

"Juga ada kolam renang khusus perempuan, khusus laki-laki dan wahana permainan air khusus anak-anak umur di bawah dan di atas 10 tahun atau water boom. Serta akan dibangun masjid yang bisa dikunjungi pengunjung non muslim," kata Gus Ipul di sela soft opening Ngopi Bareng @pintulangit di Dusun Jeruk, Desa Ledug, Kecamatan Prigen, Rabu (12/6/2019).

Nantinya, lanjut Gus Ipul, pengunjung bisa melaksanakan ibadah sesuai ajarannya masing-masing. Di luar jam salat, pengunjung non muslim bisa masuk ke dalam masjid dan tentunya sesuai aturan masuk ke masjid misalnya menutup aurat yang telah disediakan oleh panitia wisata halal.

Gus Ipul di sela soft opening Wisata Halal Ngopi Bareng @pintulangit di Pasuruan

Masjid yang dimaksud menyerap konsep masjid megah di Dubai yang bisa dikunjungi wisatawan non muslim.

Di wisata halal itu juga akan ada rumah kayu, tenda kamping dan penginapan yang diperuntukan bagi pengunjung berkelompok. Kamping ground, puncak pintu langit-yang bisa melihat panorama Surabaya, Sidoarjo dan Malang serta spa syariah. Juga ada taman makam pahlawan keluarga hingga wisata terkait pertanian organik.

"Kalau mau sepasang laki dan perempuan juga bisa, tapi dengan syarat harus menunjukkan bukti surat nikah, KTP dan kartu keluarga," papar Gus Ipul.

Soft opening wahana wisata halal ini juga dihadiri Bupati Pasuruan Irsyad Yusuf. Bupati yang juga adik kandung Gus Ipul ini mengatakan, wahana wisata halal Ngopi Bareng @pintulangit ini bagian dari upaya pemerintah mengubah citra kawasan wisata di Prigen dan Tretes menjadi wisata keluarga dan halal.

"Sebenarnya pemerintah juga akan membangun kolam renang yang membedakan laki dan perempuan di Banyubiru," ungkapnya.

"Ternyata nyambung dengan Gus Ipul. Bedanya kalau kita kan pakai APBD. Sedangkan Gus Ipul kan menggunakan uang pribadi dan bekerjasama dengan masyarakat desa sekitarnya," sambung Gus Irsyad.

Rencananya, wahana wisata halal ini akan diresmikan pada sekitar akhir tahun 2019.


jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter