jatimnow.com

Wow, Volume Sampah di Probolinggo Tercatat 170 Ton Setiap Hari

Sampah di TPA Probolinggo 🔍
Sampah di TPA Probolinggo

jatimnow.com - Tumpukan volume sampah di Kota Probolinggo terus meningkat dibandingkan sebelumnya. Berdasarkan data Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Probolinggo, jumlah sampah yang masuk ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) tercatat 65 ton setiap harinya.

"Kalau bulan sebelumnya sampah di Kota Probolinggo yang masuk TPA hanya 54 ton .Tetapi sekarang sudah ada peningkatan 10 sampai dengan 11 persen per harinya," kata Kepala DLH Kota Probolinggo, Budi Krisyanto, Jumat (15/6/2019).

Ia mengaku, sampah yang ada di Kota Probolinggo berdasarkan perhitungan pihaknya tercatat 170 ton per hari. Namun yang masuk ke TPA hanya 30 persennya saja.

"Peningkatan sampah didominasi sampah rumah tangga, rumah makan dan restoran," jelasnya

Loading...

Untuk mengantisipasi adanya penumpukan sampah di wilayah kota Probolinggo, Budi mengatakan, sudah mempersiapkan pengangkutan yang ada di sejumlah titik di beberapa Tempat Pembuangan Sampah (TPS) dengan armada yang ada.

"Termasuk juga mempersiapkan penjadwalan petugas tukang sapu di sejumlah jalan," jelasnya.

Dengan adanya sampah yang masuk ke TPA, pihaknya melakukan pengumpulan dan penguraian sampah dengan memilah antara sampah organik dengan sampah plastik.

"Untuk sampah organik dikelola menjadi pupuk kompos. Sedangkan sampah plastik dilakukan proses penguraian sampah melalui mesin pencacah untuk menjadi bahan pokok produksi melalui pengelolaan bank sampah," tukasnya.

 

Loading...